7 Makanan yang Bikin Ngantuk Usai Disantap

Ilustrasi mengantuk saat mengemudi mobil
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Ada beberapa makanan yang bisa menimbulkan rasa kantuk setelah kamu mengonsumsinya. Makanan yang dikonsumsi akan memberikan dampak berbeda-beda untuk tubuh. Kandungan yang tersimpan di dalam makanan adalah penentu dari efek samping yang ditimbulkan. Salah satu dampak yang mungkin akan dirasakan setelah makan adalah munculnya rasa kantuk. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Hal ini terutama saat kamu baru saja mengonsumsi makanan tertentu, misalnya adalah nasi. Rasa kantuk ini bisa muncul dari makanan lantaran kandungan yang tersimpan di dalamnya. Nah, menyadur dari lama Times of India, berikut adalah ulasan tentang makanan yang bisa memunculkan rasa kantuk setelah dikonsumsi. 

1. Nasi

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Nasi Putih

Photo :
  • vstory

Nasi putih merupakanan makanan pertama yang bisa memunculkan rasa kantuk setelah dikonsumi. Hal ini karena nasi mempunyai indeks glikemik yang tinggi, sehingga dengan mengonsumsinya akan membuat lebih kenyang dan lebih cepat mengantuk. Hal ini yang mengakibatkan nasi putih selalu identik dengan rasa kantuk setelah dikonsumsi. 

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

2. Almond

kacang almond

Photo :
  • freepik by topntp26

Almond mempunyai kandungan magnesium yang tinggi di dalamnya sehingga akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Magnesium ini akan memberikan protein yang membantu untuk menjaga kadar gula darah saat tidur sehingga akan membuat seseorang tidur lebih nyaman. 

3. Ikan

Ikan salmon.

Photo :
  • Pixabay

Seperti ikan tuna atau ikan salmon mempunyai kandungan vitamin B6 yang tinggi dan diperlukan untuk memproduksi melatonin serta serotonin. Makanan ini juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu untuk menurunkan stres dan juga membantu istirahat untuk lebih nyenyak. 

4. Kacang Arab

Ternyata Ini Manfaat Sehat Kacang Arab yang Jarang Diketahui Orang

Photo :
  • U-Report

Kacang Arab merupakan sebuah makanan yang mengandung sumber vitamin B6 yang baik dan diperlukan untuk memproduksi serotonin untuk meningkatkan mood serta membantu mengurangi stres. Mengonsumsi kacang juga akan membantu untuk menjadi cepat mengantuk dan tertidur. 

5. Ubi

Ubi jalar.

Photo :
  • U-Report

Ubi juga bermanfaat untuk membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak karena kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya. Makanan yang satu ini juga menjadi sumber potassium yang dapat membuat otot menjadi lebih tenang. 

6. Kersen

Buah kersen

Photo :
  • vstory

Kersen adalah jenis buah-buahan yang mengandung melatonin tinggi di dalamnya yang membantu untuk mengatur siklus tidur kamu. Sebab itu, dengan mengonsumsi kersen akan membantu kamu untuk tidur lebih cepat. 

7. Pisang

ilustrasi pisang

Photo :
  • U-Report

Kandungan potassium dan magnesium yang tinggi di dalam pisang juga bisa diperoleh dari sari pisang akan membantu untuk membuat otot menjadi lebih tenang. Makanan yang satu ini juga menjadi sumber vitamin B6 yang dapat mengubah triptofan menjadi serotonin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya