7 Makanan Termahal di Dunia, Bikin Kaum Mendang Mending Tepok Jidat

Ayam Cemani, salah satu hidangan termahal di dunia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Kuliner –  Penyebab makanan termahal di dunia ini karena bahannya yang sangat terbatas dan bisa dibilang sangat langka. Bahkan, bisa menyentuh angka ratusan sampai miliaran rupiah. Ketersediaannya yang sangat langka membuat beberapa bahan makanan mentah dipatok dengan harga yang fantastis. Makanan termahal ini selalu ada hampir di seluruh negara di dunia. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Mulai dari jamur yang sangat langka sampai keju yang dihasilkan oleh sapi berkualitas. Beberapa dari makanan tersebut juga ada yang berasal dari Indonesia, seperti ayam hitam cemani sampai air liur burung walet. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan tentang makanan termahal di dunia seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Caciocavallo Podolico

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Keju Caciocavallo Podolico

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Italia memiliki sebuah keju yang terbuat dari sapi dan juga domba berkualitas terbaik di dunia. Sebelum susunya diperah, para sapi dan domba ini akan dilepas liarkan di alam bebas dengan tujuan membuat mereka merasa bahagia. Setelah usianya cukup, susu dari sapi dan domba ini akan diperah dan diambil sebagai bahan utama dari keju. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Selain itu, mereka juga membentuk makanan termahal di dunia tersebut dengan cukup unik mirip seperti kantung yang digantung. Sementara untuk harga keju caciocavallo podolico ini dipatok dengan harga mencapai Rp2 jutaan per kilogramnya. 

2. Gooseneck Barnacles

Gooseneck Barnacles

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Memiliki bentuk yang sangat aneh, ada sebuah jenis hewan yang memiliki cangkang dengan nama Gooseneck Barnacles. Dia hidup menempel di batu karang dan sulit untuk dipanen. Hewan dengan cangkang ini paling sering disajikan di negara Spanyol dan Portugal.

Untuk memanen makanan termahal di dunia ini, para nelayan harus mempertaruhkan keselamatannya. Sebab itu, tidak heran bila harga makanan tersebut dipatok sangat mahal yang mencapai Rp7,4 juta per kilogram. 

3. Madu Manuka

Ilustrasi lebah madu.

Photo :
  • vstory

Madu dikenal sebagai makanan dengan cita rasa manis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lebah penghasil madu Manuka ini hanya diberi makan bunga dengan nama latin Leptospermum Scoparium atau yang lebih dikenal dengan bunga Manuka. 

Madu yang berasal dari Selandia Baru tersebut diduga mempunyai kandungan antivirus dan antioksidan yang sangat tinggi. Namun, bila ingin mencicipi madu yang satu kamu perlu menyiapkan uang senilai Rp7,4 juta untuk mendapatkan satu kilogram madu. 

4. Sarang Walet

Petani memperlihatkan sarang burung walet yang baru dipanen

Photo :
  • ANTARA/Syifa Yulinnas

Berdasarkan kepercayaan tradisional China, sarang burung walet ini dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sarang burung walet ini dibuat dari tumpukan air liur burung walet yang umumnya banyak menempel di sudut atap rumah kosong dan terbengkalai. 

Di Indonesia, sarang burung walet ini banyak dibudidayakan di wilayah Kalimantan. Sarang burung walet biasa diolah menjadi sup yang hangat. Harga semangkuk sup sarang burung walet termahal yang pernah dijual menyentuh angka Rp29,9 juta. 

5. Ayam Cemani

Ayam Cemani.

Photo :
  • U-Report

Mempunyai warna hitam yang legam membuat ayam yang satu ini sebagai ayam yang istimewa. Di Indonesia sendiri, ayam ini dianggap sarat akan ilmu sihir dan kepercayaan magis lainnya. 

Namun, banyak yang meyakini bahwa dengan mengonsumsi daging ayam cemani bisa menyembuhkan banyak penyakit sampai membawa keberuntungan. Di pasar internasional daging ayam cemani bahkan dijual dengan harga Rp37,4 juta per ekor. 

6. Jamon Iberico de Bellota

Jamon Iberico de Bellota

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Bila kamu berkunjung ke bagian barat Spanyol, ada sebuah olahan yang terbuat dari kaki babi Iberico yang dianggap sangat istimewa. Babi Iberico yang diambil sebagai hidangan ini hanya diberikan makanan yang berupa jagung dan biji-bijian saja. 

Memiliki tekstur yang lembut buttery dengan rasa umami yang khas membuat makanan termahal di dunia ini dianggap sebagai daging babi yang paling istimewa. Sehingga tak heran bila makanan ini dijual dengan harga Rp53 juta per kilogram. 

7. White Alba Truffle

White truffle

Photo :
  • Dok. Hotel The Ritz Carlton, Jakarta

Mungkin sudah banyak yang mengenal bahwa jamur truffle adalah jamur termahal yang ada di dunia. Ada jenis jamur truffle yang berwarna hitam dan ada juga yang berwarna putih. Jenis jamur white alba yang disebut-sebut sebagai makanan termahal di dunia. 

Jamur langka yang hanya bisa tumbuh di dataran Italia ini biasanya dimanfaatkan sebagai topping dalam pasta tagliatelle. Jamur white alba truffle termahal yang pernah dijual harganya berada di angka Rp4,9 miliar per kilogram. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya