Kampung Kuliner Minangkabau Digelar, Ada Banyak Pertunjukan Seni

Kuliner Minangkabau.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Kuliner – Festival berisi panggung seni budaya dan kuliner, Kampung Kuliner Minangkabau kembali digelar. Setelah diadakan di beberapa mal di Jakarta, kini festival yang turut menghadirkan kuliner daerah legendaris dan terkenal itu digelar Mall Arta Gading, Jakarta Utara. 

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Ketua Pelaksana acara Kampung Kuliner Minangkabau, Yeni Rachmawati, mengatakan, acara ini digelar salah satunya bertujuan untuk memberikan wadah agar para UMKM bisa bangkit lagi. 

"UMKM pasti bisa bangkit lagi. Untuk itu, Arthatama berupaya membantu mengadakan event ini. Selain untuk membangkitkan perekonomian UMKM yang ikut serta dalam festival ini, juga untuk memperkenalkan makanan-makanan Nusantara khususnya khas Minangkabau,” ujar Yeni dalam keterangannya, Sabtu 16 Juli 2022. 

Menjelajahi Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

"Saat ini Kampung Kuliner Minangkabau seri ke-5 sedang berlangsung di Mall Artha Gading dari 14 hingga 17 Juli 2022," sambungnya. 

BMKG: Waspadai Abu Vulkanik Gunung Marapi Ganggu Aktivitas Penerbangan

Menurut Yeni, antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut festival kuliner apabila dilihat dari kehadiran berbagai kalangan masyarakat pada festival sebelumnya. 

"Mungkin karena sudah dua tahun lamanya mereka tidak hadir ke acara-acara besar ini karena pandemi, sehingga saat hadir kembali, rasanya menyenangkan,” kata dia. 

Selain menyajikan kuliner legendaris dari daerah Minangkabau, acara ini juga mempersembahkan beberapa pertunjukan seni, seperti Tambua Tasa, Tari Pasambahan Minang, Tari Piring, Pawai Budaya Minangkabau, dan Arakan Bajamba. 

"Selain itu, kami juga mengadakan Permainan Kesenian Irama Minang dengan hadiah menarik serta menghadirkan artis-artis asli Minang,” tutur Yeni. 

Turut menjaga kelestarian lingkungan, festival kuliner ini juga turut aktif meminimalisir sampah plastik, dengan menyediakan kemasan berbasis Ergopak, yaitu kemasan yang sudah go-green.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya