8 Hidangan dari Bahan Mentah, Dimakan Tanpa Dimasak

Sashimi
Sumber :
  • cherrypicked.com.au

VIVA Kuliner – Mungkin kebanyakan orang lebih umum dengan hidangan makanan yang disajikan dengan dimasak terlebih dahulu. Namun, ada juga hidangan dari bahan mentah yang bisa dimakan. 

Menu Spesial Ramadhan, Cita Rasa Thailand di Restoran Kamlai

Sebagian orang biasanya mengonsumsi makanan mentah atau tidak melalui proses pengolahan karena dikatakan baik bagi kesehatan. Namun tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan mentah tersebut. Jika salah mengonsumsi bahan mentah, malah bisa menimbulkan berbagai gangguan pencernaan. 

Lantas, apa saja hidangan dari bahan mentah yang bisa dimakan? Simak ulasannya berikut ini yang dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Dua Tempat di Sentul City Ini, Hadirkan Bukber Tak Biasa

Yuk scroll ke bawah!

1. Sashimi

Pullman Ciawi Menyambut Ramadan 2024 dengan ‘Pawon Ibu’ di Damar Restaurant

Sashimi

Photo :
  • yuriya.com.au

Sashimi merupakan makanan asal Jepang yang berupa makanan laut yang masih segar dan dapat dimakan langsung dalam keadaan masih mentah. Biasanya sashimi dihidangkan dengan bahan pelengkap lain seperti kecap asin, parutan jahe dan wasabi. 

Hidangan dari bahan laut mentah ini dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan. Namun, jika itu udang hanya dikupas kulitnya saja dan dibuang kepalanya. Sashimi juga berarti menikmati sesuatu yang mentah, mulai dari daging Kuda(Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi hingga pada potongan Konnyaku dan kembang tahu (Yuba).

2. Ceviche 

Makanan Ceviche dari Lima, Peru

Photo :
  • unsplash,com

Ceviche juga merupakan salah satu hidangan yang berbahan mentah dan hidangan laut yang populer dari Amerika Latin. Biasanya Ceviche berasal dari ikan segar yang diawetkan dengan bantuan irisan jeruk dan lemon serta rempah-rempah dengan Capsicum baccatum atau cabai. Selain itu, bisa juga ditambahkan bawang merah, garam dan ketumbar. Ceviche juga biasanya disertai dengan pelengkap seperti ubi jalar, salad, jagung, alpukat atau pisang raja.

3. Salad

Salad tomat

Photo :
  • U-Report

Salad merupakan jenis makanan yang terdiri dari campuran berbagai jenis sayur-sayuran dan bahan makanan siap santap. Sayur-sayuran yang digunakan adalah sayuran mentah dengan bahan utama selada. 

Biasanya salad dihidangkan bersama dressing atau saus seperti mayonaise dan yang lainnya. Bisa juga disesuaikan dengan selera. Salad juga biasanya menggunakan sayur-sayuran segar yang masih crispy. Makanan ini sangat cocok untuk diet dan menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya berisi sayuran, ada juga salad yang dimodifikasi berisi campuran sayuran segar, buah, daging, ayam dan ikan yang dilengkapi dengan dressing atau hanya buah segar dan juice.

4. Naniura

Naniura

Photo :
  • Tobatabo

Naniura merupakan hidangan ikan mentah yang berasal dari  Sumatera Utara dan khas masyarakat Batak. Biasanya hidangan ini bisa ditemukan di Danau Toba. Naniura menggunakan ikan mas dan bumbu halus berwarna kuning. Ikan mas dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan lendirnya. Lalu naniura dimatangkan dengan cara direndam di dalam air jeruk purut.

5. Bulu Babi

Bulu babi

Photo :
  • VIVAlife/Tasya Paramitha

Hidangan dari bahan mentah selanjutnya ada bulu babi, biota laut yang bisa ditemukan di rataan terumbu karang, pasir berbatu, batu berpasir dan daerah lamun di sekitar pantai atau laut. Bulu babi ini bisa disantap saat masih mentah baik langsung dari cangkangnya atau dihidangkan rapih seperti direstoran. 

6. Karedok

Ilustrasi Karedok

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Karedok merupakan hidangan khas dari suku Sunda yang terdiri dari bahan-bahan sayuran mentah seperti mentimun, tauge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi dan terong atau leunca. Biasanya karedok dilengkapi dengan bumbu kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula kawung, garam dan terasi. Biasanya, karedok juga menggunakan oncom bakar atau jika tidak disebutnya lotek mentah (atah) dan tidak semua karedok seperti itu. 

7. Asinan

Asinan, Menu The Breeze Cafe The Media Hotel & Towers

Asinan, Menu The Breeze Cafe The Media Hotel & Towers

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

Ada juga asinan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Asinan menggunakan bahan acaran baik sayur-sayuran maupun buah-buahan. Kuah asinan terdiri dari larutan campuran air dan garam. Sayur dan buah yang diasinkan adalah bahan mentah yang tetap bisa dimakan dan rasanya malahan lezat. 

Kimchi

Photo :
  • Pixabay

Kimchi merupakan hidangan asal Korea dan sebenarnya hampir sama dengan asinan. Kimchi berupa asinan sayur yang telah difermentasi dan diberi bumbu pedas. Biasanya sayur yang digunakan adalah sawi putih dan lobak. Setelah diberi garam, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya