Inilah 5 Bahan Makanan Aneh yang Ada di Beberapa Makanan

Amonium Sulfat
Sumber :
  • flickr

VIVA Lifestyle – Dalam menilai makanan biasanya konsumen fokus dengan bahan makanan yang digunakan dalam proses pembuatan makanan tersebut. Ternyata ada beberapa bahan-bahan makanan aneh.

Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Mengetahui apa yang ada dalam makanan yang kita makan setiap hari sangat penting. Selain itu, ini adalah hal yang penting karena berbagai alasan. Beberapa orang harus memperhatikan apa yang mereka makan karena berbagai faktor, seperti berat badan dan memiliki alergi tertentu. 

Ada banyak hal yang kita konsumsi setiap hari tanpa menyadarinya bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Berikut ini merupakan bahan makanan aneh ada di beberapa makanan di seluruh dunia, dilansir dari The Recipe. Bahan makanan aneh di bawah ini ditemukan di beberapa makan, namun tidak seluruh produk makanan memakai bahan-bahan tersebut.

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

1. Shellac atau Sekresi Serangga

permen

Photo :
  • fanpop
Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Bahan makanan aneh pertama ialah lak, itu adalah sesuatu yang berasal dari sekresi Kerria lacca, yaitu serangga yang berasal dari Thailand. Selain itu, ini bukan hanya sesuatu yang ditemukan dalam permen. Beberapa obat memilikinya, begitu juga vitamin dan buah-buahan. Beberapa orang mungkin tahu ini dengan nama lain. Terkadang zat ini muncul pada label sebagai "resin manisan", atau "glasir alami". Dengan menggunakan bahan ini dapat membuat permen dan vitamin tertentu berkilau.

2. Lanolin atau Minyak Domba

Mengunyah permen karet.

Photo :
  • pro.corbis.com

Seperti produk permen lainnya, permen karet juga memiliki bahan makanan aneh di dalamnya. Salah satu bahan yang paling dipertanyakan dalam permen karet adalah lanolin, yang merupakan sesuatu yang berasal dari kelenjar sekresi domba. Lanolin memiliki adalah zat seperti lilin. Ini juga merupakan zat yang digunakan dalam produk perawatan kulit, yang hanya membuatnya terdengar lebih kotor.

3. Dimethylpolysiloxane atau Plastik

Dimethylpolysiloxane juga dapat disebut sebagai polydimethylsiloxane. Ini adalah jenis silikon, dan dapat digunakan untuk banyak hal. Ada banyak barang non-makanan yang mengandung zat ini, beberapa di antaranya adalah sampo, lensa kontak, dan kondisioner. Namun, bahan makanan yang berbahaya juga digunakan sebagai bahan dalam banyak makanan yang disajikan di restoran cepat saji. Beberapa tempat yang menggunakan ini dalam makanan mereka adalah McDonald's, Subway, dan Wendy's.

4. Virus

Ilustrasi virus.

Photo :
  • Pixabay/geralt

Setiap kali kita berbicara tentang virus, kita biasanya mendiskusikan seberapa buruk virus itu, dan apa yang perlu dilakukan untuk memerangi atau mencegahnya. Sehingga banyak orang biasanya terkejut mengetahui bahwa ada beberapa bahan makanan yang aneh.

Namun, satu fakta mengejutkan adalah bahwa bahan makanan yang dianggap berbahaya ini sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan kita, meskipun terdengar menjijikkan. Jenis virus ini, yang disebut sebagai bakteriofag, melawan virus jahat. Bakteriofag biasanya disemprotkan pada daging deli, serta produk serupa, untuk memerangi Listeria dan E. Coli.

Amonium Sulfat

Photo :
  • flickr

Ada banyak hal yang jelas tidak aman untuk dikonsumsi, seperti pupuk dan vaksin. Jadi mungkin agak mengejutkan, untuk mengetahui bahwa kita sering mengonsumsi makanan yang kandungannya juga banyak vaksin dan pupuk.

Bahan itu adalah amonium sulfat, yang pada dasarnya adalah sesuatu yang memiliki penampilan dan tekstur yang sama seperti garam. Namun, ia tidak memiliki bau atau rasa yang sama dengan garam yang diketahui. Salah satu makanan yang banyak mengandung amonium sulfat adalah roti. Ini mengkondisikan dan memperkuat adonan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya