7 Makanan Khas Kebumen, Cita Rasa Asli yang Perlu Dicoba

Bengkoang
Sumber :
  • pondokibu.com

VIVA Kuliner – Pulau Jawa memang memiliki sejuta pesona yang tidak akan habis untuk dibahas. Kebumen yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah memang memiliki potensi wisata alamnya yang sangat berlimpah.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Tak hanya itu, Kebumen juga terkenal akan beragam kuliner khasnya yang sangat menggugah selera para wisatawan yang datang bertandang sajian di sini. Beragam kuliner khas tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat sekitar. Berikut daftar makanan khas Kebumen yang menarik untuk dicoba.

1. Nasi Penggel Kebumen

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

nasi penggel kebumen

Photo :
  • Visit Jawa tengah

Sajian kuliner khas Kebumen pertama ini terdiri dari nasi dan kikil atau jeroan sapi. Ditambah lagi dengan sayur nangka dan kuah santan, yang membuat nasi penggel menjadi lebih nikmat. Hidangan khas Kebumen satu ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti bola kecil yang disajikan di atas daun pisang yang sudah dipincuk.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Uniknya, untuk satu pincuk daun pisang biasanya berisikan tujuh hingga delapan nasi penggel. Menyantap sajian kuliner ini pun menggunakan sendok yang berasal dari daun pisang yang ditekuk. Makanan khas Kebumen ini sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang ketika perut keroncongan.

2. Soto Ayam Petanahan

Soto Kudus Ayam

Photo :
  • Cookpad/Ely Ismawanti

Sesuai dengan namanya, hidangan khas satu ini memang berasal dari Pantai Petahan, Kebumen. Soto Ayam Petanahan merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat populer di kalangan wisatawan yang datang berkunjung ke Kebumen. Isiannya sendiri terdiri dari suwiran ayam yang lengkap dengan tauge.

Menariknya, kuliner ini dalam penyajiannya tidak menggunakan nasi melainkan ketupat yang disajikan dengan potongan menjadi beberapa bagian. Soto Ayam Petanahan yang dikenal dengan kuahnya yang sangat kental berwarna kuning, serta kaya akan rasa rempah. Makanan ini sangat cocok disantap ketika masih hangat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. Soto Tamanwinangun

Soto Padang.

Photo :
  • Cookpad/Bundo Gafi

Soto yang dikenal menjadi salah satu kuliner khas yang menyegarkan dan banyak disukai oleh banyak orang di berbagai kalangan. Tidak mengherankan apabila kuliner ini terdapat di berbagai wilayah, namun tentunya memiliki suatu khas yang membedakannya, misalnya saja Soto Tamanwinangun khas Kebumen.

Tak hanya disajikan dengan daging ayam saja, sajian kuliner khas Kebumen ini juga biasanya menggunakan daging entok atau itik serati sebagai pelengkapnya. Kuah yang dimiliki oleh Soto Tamanwinangun ini pun lezat, karena terdapat perpaduan antara kuah santan dan kaldu entok. Bila Anda ingin menikmati sajian kuliner ini tak perlu khawatir, karena sangat mudah dijumpai di Kebumen.

4. Sate Ambal

Resep sate kambing sambal kecap

Photo :
  • tastynesia

Sate Ambal, Kebumen, meski terlihat sama dengan sate pada umumnya, namun yang menjadi unik dari makanan satu ini adalah bumbunya yang sangat lezat. Bumbu tersebut lebih encer serta memiliki warna yang kuning kecoklatan.

Jika dilihat sekilas, bumbu tersebut tampak seperti kuah padang. Namun siapa sangka bumbu sate ini terbuat dari tempe yang telah dikembangkan kemudian di atas halus. Mungkin terdengar aneh ketika dipadukan dengan tempe, namun siapa sangka jika cita rasa yang tercipta membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya.

5. Yutuk Goreng

Rempeyek Undur-undur

Photo :
  • http://rasimunway.blogspot.com

Yutuk merupakan salah satu jenis hewan laut yang banyak hidup di pesisir pantai. Ciri khasnya sendiri yaitu memiliki cangkang dan mirip dengan undur undur. Bagi masyarakat Kebumen di sekitar pesisir pantai, biasanya mengolah Yutuk menjadi beragam kuliner yang sangat menggugah selera.

Misalnya saja diolah menjadi campuran peyek, bakwan, dan beragam kuliner lainnya. Ketika digoreng Yutuk akan berubah warna menjadi seperti kepiting yang telah selesai dimasak. Tekstur cangkangnya tidak keras, sehingga kamu dapat menikmatinya tanpa perlu merasa nyaman. Sajian kuliner khas Kebumen ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

6. Jipang Kacang

Ternyata Ini Manfaat Sehat Kacang Arab yang Jarang Diketahui Orang

Photo :
  • U-Report

Tak hanya sale pisang saja, di Kebumen pula terdapat camilan khas lainnya yang digemari oleh banyak orang yaitu jipang kacang. Makanan yang terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan gula merah ini, memiliki bentuk yang padat dan cita rasanya yang begitu manis. Sebelum dicampur bersama gula merah, kacang tanah tersebut telah disangrai menggunakan pasir terlebih dahulu.

Setelah itu baru ditumbuk secara kasar, dan dimasukkan ke dalam cairan gula merah cair. Biasanya makanan khas Kebumen ini dibentuk kotak kotak lalu dibungkus dalam kemasan plastik. Namun dulunya jipang kacang dibungkus menggunakan daun pisang. Selain memiliki cita rasa yang manis, camilan khas Kebumen ini juga memiliki rasa gurih dari kacang tanahnya.

7. Bengkoang Kembumen

Bengkoang yang bisa memutihkan wajah.

Photo :
  • U-Report

Kabupaten Kebumen dikenal dengan produksi bengkoangnya yang sangat melimpah. Bahkan hampir setiap tahun bisa memanen buah satu ini. Hal yang membedakan antara bengkoang Kebumen dengan daerah lainnya yaitu kulitnya yang putih dan memiliki rasa manis.

Jika kamu berminat membawakan bengkoang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, maka kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

Nagita Slavina

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Nagita Slavina lalu menikmati makanan tersebut dan mengungkapkan kesukaannya terhadap camilan itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024