Resep Potato Brulee Munira Agile, untuk Sambut Hari Ayah

Ilustrasi pasangan Munira Agile
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA Kuliner Hari Ayah merupakan hari untuk menghormati ikatan keluarga dengan ayah dan peran strategis ayah di keluarga yang diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tahun 2006 silam. 

Suami Mutilasi Istri di Ciamis Ditahan Disel Khusus, Polisi Ungkap Alasannya

Diperingatinya hari ini berawal dari keresahan mereka akan kurangnya wadah untuk mengapresiasi peran seorang ayah dalam sebuah keluarga, yang dewasa ini juga semakin penting dirasakan perannya pada keluarga modern. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Menyadari pentingnya hal tersebut, 12 November telah ditetapkan sebagai Hari Ayah di Indonesia yang diperingati setiap tahunnya. Untuk merayakan Hari Ayah yang jatuh di akhir pekan ini, memasak makanan favorit ayah bersama keluarga bisa menjadi aktivitas menyenangkan dan memupuk kedekatan keluarga. 

Daftar Harga Pangan 30 April 2024: Cabai Merah, Daging Sapi hingga Gula Naik Lagi

Momentum menyiapkan makanan juga bisa membangun ikatan emosional antara ayah, yang sering disibukan dengan rutinitas pekerjaan, dengan seluruh anggota keluarga.

“Memasak merupakan kegiatan yang sangat berarti bagi keluarga di Indonesia, sebagaimana terlihat dari orang Indonesia yang pada tahun 2021 memasak sekitar 7,3 makanan di rumah per minggunya[1]. Sayangnya, memasak kerap dianggap sebagai sebuah pekerjaan rumah tangga yang membosankan. Padahal memasak adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dan membawa keluarga lebih dekat. Dengan menggunakan Anchor Butter semua anggota keluarga, termasuk Ayah bisa memasak dengan mudah," kata Riszha Gandjar, Anchor Marketing Manager, Fonterra Brands Indonesia.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Sebagai inspirasi memasak bersama keluarga di Hari Ayah yang spesial ini, Anchor Butter berkolaborasi dengan Munira Agile yang menciptakan resep Potato Brulee. Terinspirasi dari masakan kesukaan sang suami, Munira Agile mendemonstrasikan langkah lengkap hidangan sederhana yang homey ini. 

“Dulu suamiku suka menyantap resep Potato Brulee ini bersama aku sebelum beraktivitas. Untuk mengingat masa indah itu dan membangun kedekatan emosional lebih kuat, aku ingin kita memasak hidangan penuh kenangan yang simple dan bisa dimasak oleh siapapun ini untuk ayah kita semua. Kalau kamu akan memasak apa di Hari Ayah ini?,” Munira Agile. 

Anchor Butter sendiri menjadi salah satu bahan masakan utama dalam resep Potato Brulee dari Munira Agile. Ia menuturkan, “Butter (mentega) ini sangat serbaguna dan bisa dipadukan dengan berbagai bahan pangan untuk beragam tipe masakan, termasuk masakan baking ini. Butter juga mudah digunakan dan dapat membuat masakan siapa saja menjadi lebih nikmat. 

"Aku tidak ragu untuk menggunakan Anchor Butter sebagai salah satu bahan utama resep ini karena aku percaya dengan kualitas susu sapi yang digunakan Anchor. Ini terlihat dari aromanya yang wangi, teksturnya yang creamy, rasanya yang lebih gurih, dan pastinya tersertifikasi halal oleh MUI,” katanya lagi.

Butter merupakan ingredient yang terbuat dari bahan alami, yaitu susu atau krim, yang diaduk hingga padat tanpa ada prosesi tambahan. Berbanding terbalik dengan margarine yang dibuat untuk menyerupai rasa dan bentuk butter melalui serangkaian proses kimia. 
Anchor sendiri menghasilkan butter dari sapi yang sepanjang tahun diberi makan rumput untuk memastikan secara penuh nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karenanya, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, para ayah tidak perlu khawatir akan risiko kolesterol saat mengkonsumsi butter. 

“Keserbagunaan butter merupakan sesuatu yang sayang untuk dilewatkan. Dibuat di Selandia Baru dari krim pasteurisasi yang berkualitas tinggi, Anchor Butter memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan terlalu lembut dengan rasa creamy yang unik, yang memastikan hidangan Anda memancarkan rasa dan aroma yang khas,” tutur Riszha.

Untuk keluarga Indonesia yang ingin recreate resep Potato Brulee dari Munira Agile, berikut adalah resep dan cara pembuatannya:

Bahan-Bahan:

3 buah kentang besar, kupas, lalu potong dan cuci bersih
 

Bahan saus daging:

3 sosis kotak kecil (bisa diganti daging ayam/sapi)
1 smoked beef potong kotak kecil
1 bawang bombay
1 bawang putih
3 sdm saus bolognaise

Bahan saus bechamel:

50gr Anchor Unsalted Butter
50gr tepung
500ml susu UHT
Garam, lada secukupnya

Cara memasak:

Rebus kentang sampai matang, lalu haluskan. Tidak perlu terlalu halus, cukup sampai sedikit lunak saja

Tumis dua bawang dengan Anchor Unsalted butter sampai harum, lalu masukkan sosis dan beef, tumis sampai matang

Masukkan saus bolognaise lalu aduk rata, sisihkan

Lelehkan Anchor Unsalted Butter, masukkan tepung. Masak hingga tidak bergerindil, lalu tuang susu UHT

Beri lada garam, tes rasa, dan sisihkan

Susun di mangkok kentang halus, saus daging, lalu keju mozarela, saus bechamel, keju cheddar
Panggang suhu 200°C sampai atasnya kecoklatan
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya