Cerita Unik di Balik Ayam Merangkat, Kuliner Khas Lombok

Ayam Merangkat khas Lombok
Ayam Merangkat khas Lombok
Sumber :
  • Instagram @araiamelya

VIVA Kuliner – Ayam merangkat menjadi salah satu kuliner khas yang berasal dari Lombok dan erat kaitannya dengan pernikahan. Mungkin sekilas mirip dengan ayam taliwang, namun ayam merangkat memiliki rasa yang lebih pedas. 

Biasanya ayam merangkat juga menjadi sajian yang disuguhkan kepada calon pengantin atau tamu dan para wisatawan dengan menu pelengkap lain bagi yang berkunjung ke Desa Wisata Hijau Bilebante. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Cerita di balik ayam merangkat

Ayam Merangkat khas Lombok

Ayam Merangkat khas Lombok

Photo :
  • Instagram @araiamelya

Dijelaskan oleh Direktur Wisata Bilebante Pahrul Azim bahwa tidak semua jenis ayam bisa diolah sebagai ayam merangkat. Ayam yang dipiliih untuk dimasak adalah ayam kampung yang sudah dewasa. 

"Ayam yang digunakan yaitu ayam kampung yang sudah dewasa, tapi tidak terlalu tua. Bisa ayam jantan maupun ayam betina, asal bukan ayam kota dan anak ayam," jelas Pahrul saat diwawancarai oleh VIVA di Desa Wisata Hijau Bilebante pada Senin, 28 November 2022. 

Mengapa anak ayam tidak boleh dipilih? Hal itu dikarenakan usia ayam yang digunakan mencerminkan siapa yang akan menikah. Jika yang digunakan anak ayam, maka diibaratkan sebagai anak-anak yang usianya belum cukup untuk menikah. 

Halaman Selanjutnya
img_title