Mencicipi Kreasi Minuman Matcha dengan Topping Waffle Renyah Menggoda

Kreasi minuman matcha dan waffle.
Sumber :
  • Instagram @feelmatcha

Jakarta – Tahun 2021 lalu, Indonesia menjadi negara pemasok teh nomor sembilan ke Jepang, dengan nilai transaksi US$3,2 juta atau lebih dari Rp47,5 miliar, menurut data Kementerian Perdagangan RI. Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki tradisi minum teh khas dan unik. Produk olahan teh asal Jepang yang telah mendunia adalah matcha atau teh hijau.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Menurut World of Statistic pada tahun 2023, konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia sebesar 0,46 kilogram. Sedangkan konsumsi teh per kapita tertinggi di dunia dipegang oleh Turki, sebesar 3,16 kilogram.

Teh hijau.

Photo :
  • Pixabay
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Teh hijau.

Photo :
Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Meskipun teh bukan tanaman asli Indonesia, namun tradisi minum teh sudah ada sejak lama pada sebagian masyarakat Indonesia.
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Nah, balik lagi ke matcha. Teh hijau asal Jepang ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang tinggi dan juga antioksidan. Tak heran, matcha memperoleh popularitas yang sangat besar di berbagai penjuru dunia.

Rasanya yang unik dan khas juga membuat minuman satu ini digemari banyak orang. Itulah yang akhirnya membuat munculnya beragam kreasi dan olahan makanan dengan menggunakan matcha sebagai bahan dasarnya.

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau

Photo :
Salah satu yang terbaru hadir di Tanah Air adalah kreasi
yang dipadukan dengan waffle renyah Tango, produk wafer besutan OT Group. Belum lama ini, mereka menggandeng gerai Kafe Feel Matcha yang dikenal dengan olahan makanan dan minuman kekinian berbahan baku utama matcha, untuk berkolaborasi dalam produk bercita rasa unik dengan balutan manfaat matcha yang berguna bagi kesehatan.

“Minuman teh sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia, dan ada banyak cara dalam menyajikannya. Seiring dengan tren gaya hidup masyarakat, khususnya di kota besar, kemunculan berbagai kreasi minuman teh sangatlah pesat. Kami melihat ini sebagai sebuah peluang, sehingga timbullah ide untuk mengkolaborasikan Tango Waffle dengan Feel Matcha,” kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group dalam acara peluncuran produk kolaborasi tersebut di Jakarta, baru-baru ini.

“Kami memilih Feel Matcha sebagai mitra karena sudah dikenal dengan penggunaan matcha sebagai bahan baku utama produk-produknya. Matcha merupakan bagian dari tren gaya hidup sehat saat ini. Jadi produk kolaborasi ini selain bercita rasa enak juga cocok buat mereka yang peduli dengan kesehatan,” tambahnya.

Sebagai informasi, gerai Feel Matcha pertama kali diresmikan di Jakarta pada tahun 2021. Tidak butuh waktu lama mereka pun menjadi populer di kalangan milenial di Jakarta.

“Kami menggunakan matcha sebagai bahan baku utama, karena dapat menjadi pengganti kafein yang menciptakan sensasi calming dan rileks. Tango Waffle sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan sudah sering melakukan kolaborasi kreatif dengan banyak pihak. Kami menyambut baik dan antusias ajakan kolaborasi ini, sebuah tantangan menarik bagi tim kami untuk membuat racikan minuman kekinian dengan 3 varian rasa waffle, yaitu Choco Hazelnut, Cookiez & Cream dan Mocha Latte, ujar Achmad Nurul Fajri, Co founder Feel Matcha.

Ia menyebutkan bahwa kreasi produk ini memiliki manfaat terbaik dari matcha, namun tetap menghadirkan keunikan cita rasa dari setiap varian waffle tersebut.

Menariknya, selain kolaborasi dalam bentuk produk, kemasan produk menjadi medium desain grafis karya ilustrator muda berbakat asli Indonesia, Jacqueline Emanuella. Jadi selain menikmati kelezatan minumannya, masyarakat juga bisa menikmati ilustrasi-ilustrasi unik dan menarik pada kemasannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya