Semakin Digandrungi, Ini 8 Manfaat Konsumsi Makanan Plant-Based

Ilustrasi kacang kedelai
Sumber :
  • Pixabay/Zhekalee

VIVA Lifestyle – Makanan berbasis tumbuhan atau plant-based food dianggap lebih sehat karena mengandung banyak nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Tak heran jika semakin banyak orang yang memilih untuk mengonsumsinya demi menjaga kesehatan .

Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Berikut ini delapan manfaat konsumsi makanan plant-based, dihimpun dari berbagai sumber, Senin, 31 Juli 2023.

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

1. Kandungan nutrisi yang kaya

Makanan berbasis tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk-produk kedelai kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, protein nabati, dan senyawa antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

2. Rendah lemak jenuh dan kolesterol

Diet berbasis tumbuhan cenderung rendah lemak jenuh dan kolesterol. Lemak jenuh dan kolesterol berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Tinggi serat pangan

Makanan berbasis tumbuhan mengandung serat pangan, yang penting untuk kesehatan pencernaan dan membantu mengurangi risiko sembelit, divertikulitis, dan penyakit usus lainnya. Serat juga membantu menjaga kadar gula darah yang stabil dan membantu mengontrol berat badan.

4. Mengandung antioksidan

Ilustrasi memasak sayuran.

Photo :
  • Pixabay/naimbic

Banyak makanan berbasis tumbuhan mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit degeneratif.

5. Rendah kandungan zat aditif

Makanan berbasis tumbuhan cenderung lebih rendah kandungan zat aditif seperti pengawet, pemanis buatan, dan perasa tambahan yang seringkali ditemukan dalam makanan olahan.

6. Membantu kelola berat badan

Makanan berbasis tumbuhan yang sehat cenderung lebih rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan berat badan.

7. Mengurangi risiko penyakit kronis

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan berbasis tumbuhan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.

Photo :
  • Pexels/Martin Lopez

8. Ramah lingkungan

Di samping manfaat kesehatan, makanan berbasis tumbuhan juga cenderung lebih ramah lingkungan, karena produksi makanan nabati biasanya memerlukan lebih sedikit sumber daya alam dan menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan produksi makanan hewani.

Menyadari manfaat-manfaat tersebut, semakin banyak orang yang memilih untuk beralih ke pola makan plant-based. Tak heran jika saat ini banyak restoran dan usaha kuliner yang menawarkan beragam jenis makanan berbasis tumbuhan.

Salah satunya adalah maskapai AirAsia yang baru saja merilis menu plant-based sebagai pilihan inflight meals mereka. Maskapai yang belum lama ini menyabet penghargaan sebagai maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) terbaik di dunia ke-14 kali itu baru menambahkan menu AirAsia Santan terbarunya untuk inflight meals, yakni nasi rendang yang berbahan dasar daging nabati.

Tak perlu khawatir soal kalori, menu rendang yang satu ini dibuat berkolaborasi dengan Green Rebel, start up teknologi makanan Tanah Air yang membuat daging sapi dan ayam dari protein nabati utuh dari tumbuhan, dengan cita rasa Asia otentik yang nikmat.

Ilustrasi kacang kedelai.

Photo :
  • Pixabay/Jing

Mereka hadir dengan misi membuat daging nabati di Asia dan menyajikan kuliner yang enak, sehat, dan yang pasti harganya terjangkau. 

Menu rendang yang pertama adalah Nasi Rendang Plant-Based dengan daging nabati yang terbuat dari gluten soy. Diolah dengan bumbu rendang khas Nusantara yang pastinya menggugah selera, ini akan menjadi pilihan menu yang lebih sehat, bergizi dan tentunya rendah kalori. 

Green Rebel sendiri mengembangkan menu daging nabati dengan berbahan dasar plant non GMO soy, yang tinggi serat, protein, 0 kolesterol dan 100 persen plant-based. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang menjadi elemen penting untuk kesehatan tubuh bisa didapat dari menu satu ini.

Menu ini juga cocok bagi Kamu yang sedang diet atau menjalani pola hidup sehat, karena sebagian besar makanan berbasis tanaman secara alami rendah lemak jenuh dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko obesitas.

Menu seharga Rp65 ribu ini bisa dinikmati dengan memesan lewat layanan prapesan atau langsung ke pramugari atau kru penerbangan selama penerbangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya