Resep Mudah Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Kaya Nutrisi

Bakso di Warung Mang Oedin, Al Balad, Jeddah dengan kuah kaldu sapi
Sumber :
  • MCH 2023/ Romadanyl

VIVA Lifesyle – Kaldu tulang sapi merupakan bahan makanan yang dihasilkan dari merebus tulang sapi bersama dengan air dan sejumlah bumbu.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Kaldu tulang sapi banyak diminati karena dipercaya dapat meningkatkan imunitas. Hal ini dikarenakan pada tulang sapi terkandung berbagai nutrisi penting seperti protein, mineral dan kolagen.

Selain itu, olahan ini juga diminati karena rasanya yang gurih dan mengugah selera makan. Biasanya orang mencampurkan kaldu tulang sapi ke berbagai makanan seperti sup dan sebagai menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang baik untuk si kecil.

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

Untuk Anda yang berminat membuat kaldu tulang sapi di rumah, berikut adalah resep sederhana membuat kaldu sapi, mudah dilakuka di rumah:

Masak Rendang Anti Ribet! Chef Rudy Bongkar Trik Masak Rendang 20 Menit

Bahan-bahan

  • 1-2 kg tulang sapi (biasanya bagian seperti tulang sumsum, tulang rawan, atau tulang dengan daging yang masih melekat)
  • Air secukupnya (sekitar 4-5 liter untuk 1-2 kg tulang)
  • 1 buah bawang bombai, potong-potong
  • 2-3 batang wortel, potong-potong
  • 2-3 batang seledri, potong-potong
     
  • 3-4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 2-3 lembar daun salam
  • 5-6 butir lada hitam
  • Garam secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya (untuk menumis)

Sumsum tulang sapi.

Photo :
  • tvOne/Ayo Hidup Sehat

Cara pembuatan

Siapkan dan bersihkan tulang sapi

Cuci bersih tulang sapi di bawah air mengalir untuk menghilangkan darah atau kotoran yang melekat di tulang sapi. Setelah itu, Anda bisa merebusnya di air mendidih selama beberapa menit, lalu buang airnya.

Rebus tulang sapi

Setelah bersih Anda dapat memasukkan tulang sapi ke dalam panci, tambahkan air hingga menutup bagian tulang dan diamkan sampai mendidih.

Tumis bumbu

Panaskan minyak sayur dalam panci besar, kemudian masukkan bawang bombai dan bawang putih, lalu tumis hingga keduanya mengeluarkan aroma harum dan warna berubah menjadi keemasan.

Masakan Kaldu Dengkul Sapi di Depot Kaldu Al-Ghozali, Sampang, Madura

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal/ Surabaya

Masukkan bumbu

Setelah selesai, Anda dapat memasukkan bumbu ke dalam panci, tambahkan wortel, seledri, daun salam, lada hitam dan sedikit garam. Diamkan sampai campuran mendidih.

Rebus dengan api kecil

Setelah air mendidih, sebaiknya kurangi panas dengan mengecilkan api kompor. Semakin lama dimasak, semakin kaya rasa kaldu tulang sapi tersebut.

Saring kaldu

Setelah kaldu dimasak dengan cukup lama, saring kaldu untuk menghilangkan tulang, sayuran dan bumbu-bumbu lainnya hingga Anda mendapat kaldu yang jernih. Jika dirasa sudah jernih, maka kaldu siap digunakan.

Ilustrasi salad buah.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Berikut resep-resep sehat yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menyambut halal bihalal dengan penuh kebahagiaan dan kesadaran akan kesehatan untuk merajut silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024