6 Daftar Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Ada Buah dan Susu

Ilustrasi makanan bersantan
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Makanan merupakan bagian penting dari kehidupan kita, dan pemilihan makanan yang tepat dapat berkontribusi pada kesehatan yang baik. Namun, tidak hanya apa yang Anda makan yang penting, tetapi juga bagaimana Anda menggabungkan makanan tersebut.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Kombinasi makanan tertentu dapat mempengaruhi pencernaan Anda, penyerapan nutrisi, dan bahkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Nah, ini 6 daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama, dilansir dari Medical News Today, sebagai berikut.

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Istimewa

1. Buah-buahan Asam dengan Susu

Menggabungkan buah-buahan asam seperti jeruk, tomat, atau anggur dengan produk susu seperti susu atau yogurt bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Asam dalam buah dapat menggumpal protein dalam susu, menghasilkan perut kembung dan gangguan pencernaan.

2. Daging dengan Karbohidrat dalam Satu Waktu

Mengonsumsi daging dan karbohidrat kompleks seperti nasi atau roti dalam satu waktu bisa membebani sistem pencernaan Anda. Kombinasi ini dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan. Sebaiknya, pisahkan makanan berprotein dengan karbohidrat dalam makanan yang berbeda.

3. Buah-buahan Manis Setelah Makan Berat

Makan buah-buahan manis seperti pisang, semangka, atau anggur setelah makan berat dapat menyebabkan fermentasi di perut karena buah-buahan tersebut mencerna lebih cepat daripada makanan berat. Ini dapat menghasilkan masalah pencernaan.

4. Minuman Bersoda dengan Makanan Asam

Ilustrasi makanan

Photo :

Minuman bersoda, terutama yang mengandung gula tinggi, dan makanan asam seperti tomat atau jeruk dapat menciptakan kombinasi yang tidak sehat. Kombinasi ini dapat merusak enamel gigi Anda dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.

5. Telur dengan Susu

Mengonsumsi telur dengan susu dalam satu waktu dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam telur. Zat besi dalam telur dapat bereaksi dengan kalsium dalam susu, menghambat penyerapan nutrisi penting ini.

6. Protein Hewani dengan Protein Nabati

Mengkombinasikan protein hewani seperti daging dengan protein nabati seperti kacang-kacangan dalam satu waktu dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena waktu yang berbeda yang dibutuhkan untuk mencerna masing-masing jenis protein.

Ilustrasi makanan kaleng

Photo :
  • Pixabay/pasja1000

Menggabungkan makanan dengan bijak dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu mungkin bereaksi secara berbeda terhadap kombinasi makanan tertentu.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan atau pertimbangan kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini
Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024