Ternyata Ada Cara Bikin Gorengan Jadi Lebih Sehat

Cabe rawit dan gorengan.
Sumber :
  • VIVA / Renne

JAKARTA – Mengonsumsi gorengan identik dengan kategori makanan tidak sehat yang menjadi gudangnya penyakit. Padahal, jika bisa membuat gorengan dari bahan-bahan sarat gizi dan menggoreng di minyak yang sesuai, gorengan bisa jadi makanan yang baik bagi kesehatan. Kunci dari membuat gorengan yang menyehatkan terdapat pada minyak yang dipakai untuk mengolahnya.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Minyak yang sehat memiliki beberapa ciri, di antaranya adalah titik didih yang tinggi atau ketika dipanaskan minyak tersebut akan lebih tahan panas dan tidak mudah mengeluarkan asap. Minyak yang sehat cenderung lebih stabil dan tidak mudah rusak karena dapat meningkatkan antioksidan.

Ilustrasi memasak panada pakai minyak goreng.

Photo :
  • Pixabay/ Hans
Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Kriteria minyak yang disebutkan itu ada dalam jenis rice bran oil atau yang dikenal sebagai minyak bekatul. Jenis minyak nabati yang satu ini terbuat dari 100 persen minyak bekatul padi murni kaya akan antioksidan alami yaitu Gamma Oryzanol yang secara ilmiah banyak memiliki manfaat kesehatan dan baik untuk asupan gizi.

"Saya tidak pernah melarang orang makan gorengan yang penting kita tahu caranya, pilihan minyaknya seperti apa dan juga kuantitasnya," ujar dr Yohan Samudra, Sp.GK, Dokter Ahli Gizi, dalam konferensi pers peluncuran Sania Royale Rice Bran Oil di Jakarta, Kamis 7 Desember 2023.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

"Lebih bagus kalau pilih minyak yang ada antioksidannya untuk menetralisir pemanasan minyak. Antioksidan juga baik untuk kesehatan jantung," tambahnya.

Rice bran oil terbuat dari kulit ari beras merah yang manfaatnya lebih unggul daripada beras putih. Beras merah mengandung lebih tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan atau antiradikal bebas yang disebut Gama Oryzanol. Kandungan yang satu ini dapat melindungi vitamin E di dalam tubuh agar tidak ceat menurun kadarnya. Penelitian menunjukkan antioksidan dari alfa Tocopherol atau vitamin E pada palm oil menurun signifikan dibandingkan rice bran oil.

Rice bran oil diketahui mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, sebuah meta-analisis dari sejumlah penelitian menemukan rice bran oil dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 7 mg/dl sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL sebesar 7 mg/dl.16. Oleh sebab itu, goreng-gorengan yang dimasak dengan jenis minyak yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Menciptakan menu gorengan yang sehat tak lagi menjadi mustahil. Setelah mengetahui pemilihan minyak yang baik, tinggal pilih bahan-bahan untuk gorengan yang juga tak kalah menyehatkan. Misalnya tempura atau udang goreng tepung yang bisa disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dalam satu potong tempura, terdapat udang yang menjadi sumber protein. Kemudian, udang tersebut dibaluri dengan tepung yang merupakan sumber karbohidrat. Setelah itu, udang dengan adonan tepung tersebut digoreng dengan rice bran oil yang akan memberikan kecukupan lemak ketika disantap.

"Misalnya tempura. Pakai tepung, tepung itu sumber karbohidrat, di dalamnya ada udang itu sumber protein, kemudian digoreng pakai minyak maka sumber lemaknya ada. Jadi seimbang ada karbohidrat, protein dan lemak," terang Dokter Yohan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya