6 Pilihan Menu Sahur yang Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

Sahur
Sumber :
  • Milo

VIVA – Memilih menu sahur yang sehat dan bergizi adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Dengan memilih menu yang tepat, kita dapat memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari tanpa merasa lelah atau lesu.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional pada Jumat, 15 Maret 2024, menu sahur dapat terdiri dari beberapa makanan sehat seperti berikut:

Menu baru Pish & Posh Cafe? by Bakerzin yang lebih sehat

Menu baru Pish & Posh Cafe? by Bakerzin yang lebih sehat

Photo :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian
Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

1. Karbohidrat Kompleks

Untuk tetap mendapatkan energi yang stabil selama puasa, anda harus memilih sumber karbohidrat yang kompleks dengan indeks glikemik rendah. Makanan yang kaya serat dan memberikan energi bertahan lama seperti roti gandum, nasi merah, dan oatmeal.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

2. Protein

Protein adalah nutrisi penting yang membantu tubuh membangun dan memperbaiki jaringan. Sumber protein yang sehat dan rendah lemak adalah telur, ayam, ikan, atau kacang-kacangan seperti kacang almond atau kacang-kacangan.

3. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau wortel memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan segar seperti pisang, apel, atau jeruk juga menawarkan vitamin dan antioksidan yang lebih banyak untuk tubuh.

4. Produk Susu Rendah Lemak

 Yogurt dan susu almond rendah lemak adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan banyak kalsium dan protein tanpa terlalu banyak lemak. Mereka juga membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang.

5. Minuman Sehat

Air putih adalah minuman terbaik untuk tetap terhidrasi selama puasa. Jus buah tanpa gula atau smoothie buah segar juga bagus untuk mendapatkan lebih banyak cairan dan vitamin.

6. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

 Selama puasa, anda dapat merasa lemas dan mengantuk karena terlalu banyak lemak jenuh dan gula. Untuk menjaga energi tubuh anda stabil, pilihlah makanan yang mudah dicerna dan rendah lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya