Bau Tajam Durian, Selamat Tinggal?

pengunjung amati buah durian lokal di taman wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Jika durian dianggap buah surga, banyak orang mungkin menolak masuk nirwana. Inti dari pengalaman menyantapnya - selain daging lembut dan rasa berlapis-lapis - mungkin berkaitan dengan aromanya: bagi penggemarnya menjadi pengalaman berharga, namun menempatkan pembencinya ke jurang kemuakan. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Tentang baunya yang tajam, seorang petualang Prancis, Henri Mouhot, pernah mendengus: Ketika mencicipinya untuk kali pertama, buah itu terasa seperti daging binatang yang sedang membusuk.

Posisi durian yang ambivalen itu - menggoyang lidah dan mengguncang hidung - membuat seorang peneliti asal Thailand sudi larut dalam keruwetan dalam upaya menghilangkan aroma tajam buah berduri itu. Laman NPR menyebutkan bahwa Dr. Songpo Somsri, sang ilmuwan, telah menghabiskan waktu 25 tahun menyilang-kawinkan berbagai varietas durian demi menemukan satu jenis durian yang tak berbau kuat.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Ia telah berkutat dengan 90 varietas durian, memilah-memilahnya berdasarkan keakuratan penciumannya, dan memilih keturunan yang dianggap sempurna. 

Generasi demi generasi ia temukan, dan berbarengan dengan itu, ia mulai menemukan jenis durian yang diinginkannya. Menurutnya, hasil penyilangan itu siap dipasarkan. 

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Tahun 2007, ia telah mengumumkan jenis durian 'wangi' dengan nama Chantaburi No. 1. Tahun ini, temuan keempat, kelima, dan keenam telah lebih disempurnakan. Tak hanya itu, sang doktor mengatakan lebih banyak durian berbau sedap menumpuk di laboratoriumnya. 

Tak semua khalayak angkat topi atas hasil keringatnya. Kelompok terbesar yang gusar atas hasil penelitiannya adalah penggila durian.

"Jika aroma durian dihilangkan hanya karena sejumlah orang tak menyukainya, kenikmatan menyantap buah itu akan raib," ujar ahli buah tropis di Amerika Serikat, Joe Real, seperti dinukil dari laman NPR

Songpol tak kalah gesit. Ia menyatakan bahwa aroma durian silangnya tak hilang, hanya berkurang. 

"Durian-durian itu ditujukan untuk mereka yang tak punya pengalaman mengonsumsi buah itu sebelumnya," ujar sang doktor. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya