Mengenal Menu Tradisional Perancis: Boeuf Bourguignon

Boeuf bourguignon
Sumber :

VIVAlife - Bagi Anda yang pernah menonton Julie & Julia pada tahun 2009 lalu, pasti masih ingat dengan salah satu hidangan fenomenal di film tersebut bernama boeuf bourguignon. Ya, Julia Child, seorang Chef Amerika yang membawa hidangan Perancis ke publik Amerika dengan buku resep dan program memasaknya di televisi berhasil terkenal dengan resep hidangan tradisional Perancis, salah satunya boeuf bourguignon.

Hidangan ini awalnya merupakan hidangan asli dari daerah Burgundy di Perancis. "Boeuf bourguignon sebenarnya merupakan beef stew atau semur daging sapi, namun tentu saja memakai bumbu-bumbu tambahan khas Perancis seperti thyme yang dimasak perlahan," ucap Ronny Nughroho Widianto, seorang Chef khusus masakan Perancis Oh La La Maison kepada VIVAlife.

Ronny juga menjelaskan bahwa daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini adalah daging sapi tenderloin yang sangat empuk dan tidak memiliki lemak. Cara memasaknya adalah dengan merebus daging sapi (braised) di dalam red wine dan kaldu daging sapi hingga empuk, kemudian ditambahkan bawang putih, bawang bombai, bouquet garni, pearl onion dan jamur menjelang akhir proses memasak.

Menikah dengan Ria Ricis, Teuku Ryan: Batin Saya Tertekan, Cenderung Tak Dihargai

"Metode memasak daging sapi menggunakan red wine adalah kebiasaan bagi orang Perancis. Wine dapat membentuk mengempukkan tekstur daging, ikan, atau ayam serta memberi tambahan cita rasa," katanya.

Secara tradisional, daging sapi dalam hidangan boeuf bourguignon ini dimasak dengan cara di-braised. Namun cara ini memakan waktu memasak yang sangat lama sehingga saat ini, dilakukan banyak cara lain dalam memasak daging sapi yang lebih modern.

Zaman dahulu, bacon juga merupakan salah satu bahan utama hidangan boeuf bourguignon ini. Bacon biasanya dipotong-potong hingga berbentuk dadu kecil dan digunakan di awal, dengan tujuan melelehkan lemak bacon serta di akhir proses memasak.

Boeuf bourguignon adalah salah satu dari beragam hidangan petani Perancis yang naik derajat menjadi hidangan yang biasa disajikan di restoran-restoran mewah dan hotel bintang lima di seluruh dunia.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024, Naik 58 Persen

Seiring dengan berjalannya waktu, hidangan ini juga menjadi standar masakan Perancis. Resep boeuf bourguignon otentik yang paling terkenal dan banyak diikuti orang pertama kali dijelaskan oleh Auguste Escoffier. Namun, resep tersebut telah mengalami beberapa perubahan seiring perubahan dalam tren peralatan memasak dan bahan makanan pelengkap yang tersedia.

Walaupun begitu, sang Chef legendaris Julia Child dalam bukunya yang berjudul Julia Child's Mastering the Art of French Cooking mendeskripsikan hidangan sauté de boeuf à la Bourguignonne sebagai salah satu hidangan sapi paling lezat yang dibuat oleh manusia. (eh)

24 Sniper dan Tim Penyelamat Kopasgat Siap Amankan Tamu KTT WWF 2024 di Bali
VIVA Militer: Tentara Rusia

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Rusia memperingatkan Inggris pada Senin, 6 Mei 2024, dengan memanggil Dubesnya yang ada di Rusia, bakal serang instalasi militer Inggris

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024