Makanan Alami untuk Menanggulangi Penyakit

Ilustrasi almond
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak makanan yang telah terbukti dapat meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Tidak jarang makanan alami, bermanfaat untuk menanggulangi penyakit tertentu.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat Anda ambil dari toko makanan, seperti dilansir Dailymail.

Alpukat kurangi kolesterol

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Menurut penelitian, mengonsumsi alpukat per hari sebagai bagian dari diet, dengan 34 persen kalori lemak bisa membantu mengurangi kolesterol Anda.

Meskipun alpukat berlemak tinggi, sebagian besar kandungan lemak mono-unsaturated itu, atau lemak baik dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

Ikan berminyak kurangi risiko Artritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan, peradangan, dan kekakuan pada sendi kita, dan yang paling umum diderita oleh manusia di atas 50-an tahun.

Penelitian dari Annals of Rheumatoid Diseases menjelaskan bahwa mengonsumsi satu porsi ikan berminyak per minggu dapat mengurangi risiko terkena rheumatoid arthritis.

Penelitian ini dapat meningkatkan kesehatan wanita selama lebih dari 15 tahun. Mereka yang rutin mengonsumsi satu porsi ikan berminyak seminggu, memiliki risiko 52 persen lebih rendah menderita arthritis bila dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari satu porsi seminggu.

Almond jaga kesehatan jantung

Segenggam almond dihindari orang-orang, karena kandungan kalori tinggi. Namun, penelitian Aston University, Birmingham menjelaskan bahwa makan sebanyak 50 gram almond sehari bisa membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Cokelat hangat bantu tingkatkan memori

Para ilmuwan di Harvard Medical School menguji memori dan kemampuan berpikir dari 60 orang tua sebelum dan setelah periode 30 hari minum dua cangkir cokelat panas per hari. Setengah dari partisipan minum kakao dengan tingkat standar antioksidan, flavanol, dan setengahnya memiliki versi flavanol rendah.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan aliran darah otak terganggu menunjukkan memori dan perbatikan fungsi otak jika mereka telah minum kakao dengan kandungan flavanol tinggi.

Jika tidak cukup, review 42 percobaan yang melibatkan 1.200 pasien juga menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa flavanols ditemukan dalam cokelat dapat membantu menurunkan kadar insulin dan kadar kolesterol buruk. Cokelat hangat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Sayur turunkan berat badan

Sayuran hijau dapat membantu untuk mengubah sel-sel lemak putih pada sel-sel yang sangat mirip sel lemak cokelat. Sayuran membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Semangkuk bubur oat kurangi risiko diabetes 

Sebagai sumber yang kaya serat, bubur oat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Bubur oat juga merupakan sumber magnesium - mineral yang membantu mengatur kadar insulin dan glukosa.

Jika Anda menggabungkan bubur oat dengan susu rendah lemak, Anda bisa menurunkan resiko diabetes, asalkan tidak menambahkan gula, atau sirup. Mari kita jalani cara sehat dengan mengonsumsi makanan di atas. (asp)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya