Ternyata Permen Sudah Ada Sejak 3500 Tahun Lalu

Ilustrasi permen atau lolipop
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sambut Halloween, Toko Permen Ini Jual 'Organ Tubuh'
- Permen. Makanan manis ini sangat disukai segala kalangan. Biasanya permen dibuat dari gula, air dan sirup fruktosa. Kadar gula yang terkandung di dalam permen memang cukup tinggi. Begitu pula dengan kalorinya. Namun, tetap saja panganan yang satu ini tak pernah
out of trend
Mengenal Matcha Chocomory, Cokelat Dicampur Teh Hijau Jepang
.

Enam Fakta Menarik Permen Beruang Gummy Bears
Bagi Anda yang belum tahu, tekstur permen sangat ditentukan oleh lamanya campuran bahan yang dididihkan, suhu pendinginan, dan cara penanganan setelah pendinginan. Bila campuran gula dipanaskan, ada beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum gula benar-benar berubah menjadi permen.

Memang belum diketahui secara pasti kapan permen diciptakan. Yang pasti para ahli menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Tak hanya itu, di beberapa tempat lainnya juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba. 

Perkembangan pembuatan permen dalam peradaban manusia kemudian dipengaruhi oleh kebiasaan makan cokelat yang dipopulerkan oleh suku Indian, Aztec, dan Maya.

Pada tahun 1828 permen cokelat pertama diciptakan oleh pria asal Belanda, Conrad J. Van Houten. Ia memeras biji cokelat yang telah matang lalu mencampurnya dengan gula hingga menjadi permen.

Sedangkan permen karet pertama diciptakan oleh pria asal Amerika Serikat, Thomas Adam di tahun 1869. Penemuan tersebut bisa dikatakan terjadi secara tidak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan, namun selalu gagal. Ketika ia memasukkan karet ke dalam mulutnya, ia pun langsung mendapatkan ide untuk menambah rasa pada karet hingga tercipta lah permen karet. 

Selain permen karet, lolipop juga menjadi salah satu varian permen yang paling populer. Permen ini diberi nama oleg George Smith H berdasarkan nama kuda balap miliknya. Tak diketahui siapa yang menciptakan permen tersebut, yang pasti lolipop telah menjadi populer sejak tahun 1908. Hal itu pun lantas membuat seorang warga AS keturunan Rusia, Samuel Born menciptakan mesin pembuat permen lolipop.

Dalam hal rasa, permen mint bisa dianggap paling populer. Permen ini mulai populer di tahun 1912, namun yang orang yang menciptakan permen mint dengan lubang di bagian tengahnya ialah Clarence Crene yang memang sangat gemar membuat permen. Ia biasa membuat permen cokelat, namun cokelat mudah meleleh saat musim panas. Hal tersebut membuatnya memutar otak untuk membuat permen dari bahan lain.

Keberadaan permen mint sebenarnya sudah ada di daratan Eropa, namun kebanyakan berbentuk persegi. Crene akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk yang lain. Permen pun kemudian dinamakan life saver karena bentuknya mirip seperti pelampung atau ban penyelamat. Saat ini, permen tersebut lebih dikenal dengan sebutan permen polo.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya