3 Kesalahan Umum Saat Membuat Puff Pastry

Pastry
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Puff pastry adalah salah satu jenis roti yang memiliki lapisan-lapisan butter sehingga saat dipanggang pun mengembang dan teksturnya menjadi renyah.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Pastry telah menjadi salah satu panganan yang sangat terkenal di dunia. Beberapa varian yang paling digemari antara lain croissant, apple vol au vent dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Walaupun terkesan mewah, panganan asal Prancis ini pun tak melulu hanya bisa didapat di toko roti atau kafe. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Supaya lebih mudah sebaiknya gunakan adonan puff pastry beku siap pakai yang sekarang banyak dijual di supermarket. Anda akan menghemat banyak waktu dan tenaga dengan menggunakan puff pastry instan ini.

"Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan adonan puff pastry yang dibuat sendiri. Hanya saja banyak yang mengganti butter dengan mentega sehingga rasanya kurang gurih. Tapi secara umum sebenarnya sama saja," ujar chef pastry Adinda Triandhina kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Namun, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat puff pastry di rumah agar Anda tidak membuat kesalahan.

Untuk itu, simak beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat membuat puff pastry berikut ini.

Oven tidak cukup panas

Berbeda dengan adonan kue atau roti, adonan puff pastry mengandung konten lemak yang lebih tinggi karena lapisan butter-nya. Hal itu membuatnya harus dipanggang lebih lama dengan suhu yang lebih tinggi. Untuk itu, Anda wajib memanaskan oven hingga suhunya 210-220 derajat Celcius.

"Kalau memanggang kue itu kan biasanya suhu oven sekitat 160-180 derajat celcius. Sedangkan puff pastry mengandung lemak dan ada beberapa adonan yang pake ragi jadi harus lebih panas dan dipanggangnya sekitar 15-20 menit," ujar chef muda lulusan sekolah kuliner Le Cordon Bleu, Sidney, Australia itu.

Membuka tutup oven

Saat memanggang apapun terutama kue dan pastry, membuka tutup oven adalah kesalahan yang paling fatal dilakukan. Lebih lanjut ia menyarankan untuk tidak membuka oven sebelum 25 menit.

"Jadi kalau oven dibuka saat memanggang puff pastry, temperaturnya jadi drop. Mungkin keliatannya pastry mengembang tapi saat keluar dari oven akan menyusut dan layernya tidak akan terlihat," jelas wanita yang pernah mewakili Indonesia di acara Huh-Hot Folklore Festival, Tiongkok tersebut.

Tidak memanfaatkan sisa adonan

Menurut Adinda, banyak orang yang sering membuang sisa-sisa adonan puff pastry karena bingung memanfaatkannya. Padahal banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengkreasikan adonan puff pastry. Ia mengatakan agar tidak mubazir, sisa adonan sesedikit apa pun sebaiknya dikumpulkan dan dikreasikan dengan sederhana.

"Tinggal dioleskan telur kocok sedikit lalu diberi keju. Panggang selama 20 menit dengan suhu 220 derajat. Hasilnya cheese puff yang enak banget," ujar Adinda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya