Tips Menjaga Dapur Tak Berantakan saat Masak

Ilustrasi memasak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memasak bukanlah sekadar mengolah bahan makanan mentah menjadi matang dan menghasilkan hidangan lezat. Anda juga harus melakukan berbagai kreasi dan inovasi agar keluarga tidak bosan.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
Namun, mengkreasikan masakan seringkali membuat proses masak menjadi lebih panjang dan rumit. Itu lantas akan membuat dapur menjadi kotor dan berantakan.
 
Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Nah, jika ingin memasak dengan nyaman tanpa menimbulkan kekacauan di dapur, ada tips-tips jitu yang akan membantu Anda. Berikut ini diantaranya seperti dilansir dari Food World News.
 
Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
-Saat akan menggunakan hand mixer elektrik, bereskan terlebih dahulu piring dan wadah-wadah bekas pakai dan letakkan seluruhnya ke dalam tempat cuci piring. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa mengolah makanan dengan mixer.
 
-Memanggang sayur-sayuran di atas pinggan yang dilapisi dengan aluminium foil bisa meminimalisir usaha Anda. Menumisnya di atas penggorengan hanya akan membuat minyak terciprat ke seluruh lantai dan alat-alat di dapur.
 
-Sebelum mulai mencuci dan memotong sayur-sayuran, sebaiknya Anda mengumpulkan sayur di dalam mangkuk khusus. Dengan begitu, saat mulai mencuci dan memotong sayur, bagian yang sudah layu tak perlu tercecer dimana-mana. Anda pun dapat menghemat waktu yang biasanya terbuang untuk memunguti sisa sayuran di seluruh area dapur.
 
-Jika Anda memasak dengan mengikuti petunjuk dari buku resep, resep di tablet atau ponsel pintar, pastikan Anda telah membungkus buku atau ponsel dengan plastik. Itu akan mencegahnya terkena cipratan masakan.
 
-Sebelum mengukur madu atau sirup yang akan Anda gunakan untuk memasak, pastikan Anda menyemprotkan minyak ke seluruh permukaan sendok ukur agar madu, sirup dan cairan lengket lainnya mudah meluncur ke dalam mangkuk, tanpa tumpah atau menetes-netes.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya