Delapan Tips Mudah Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Dapur memang menjadi tempat memasak yang menghasilkan deretan hidangan rumahan yang lezat. Namun, dapur bisa menjadi sarang penyakit karena mudah terpapar bakteri dan kuman. Jika tidak rutin dibersihkan, kemungkinan besar bakteri akan mengkontaminasi masakan Anda.

Tips Dapur Sehat Ala Sisca Soewitomo
Anda dan orang-orang di rumah pun berisiko mengalami keracunan makanan.
 
20 Benda yang Wajib Dibuang dari Dapur Anda
Untuk itu, selalu bersihkan dapur secara rutin setiap hari. Berikut sejumlah tips yang akan membantu Anda, seperti dilansir dari Times of India.
 
Tips Menjaga Dapur Tak Berantakan saat Masak
-Meja dapur digunakan beberapa kali dalam sehari, entah itu untuk memotong sayuran, meletakkan peralatan masak dan sebagainya. Biasakan untuk membersihkan dan mengeringkan meja dapur sesering mungkin. Gunakan disinfektan serta kain yang lembut dan bersih untuk mengelapnya sebanyak beberapa kali dalam sehari.
 
-Hindari meletakkan peralatan masak atau peralatan makan di meja dapur karena dapat terpapar bakteri. Keringkan peralatan dan letakkan di tempatnya.
 
-Selalu tutup tempat sampah dan letakkan di pojok dapur. Semprotkan obat serangga pada tempat sampah setiap malam. Ini akan memastikan tempat sampah tidak menarik kecoa dan serangga lainnya.
 
-Gagang lemari es Andabisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, bersihkan setiap hari dengan kain lembab untuk memastikan tak ada sidik jari kotor yang menempel.
 
-Lantai dapur seringkali kotor akibat noda bekas masakan. Selalu pel lantai dan bersihkan setiap noda masakan yang tumpah ke lantai.
 
- Kompor anda juga cenderung kotor dengan cepat. Biasakan untuk membersihkannya secara rutin. Gunakan campuran air dan air perasan jeruk lemon untuk membersihkan noda minyak.
 
-Pastikan Anda menyimpan talenan dengan tepat dan tidak bersentuhan satu sama lain. Anda disarankan menggunakan talenan dari kayu dibandingkan plastik karena cenderung lebih tahan lama.
 
-Bau makanan busuk atau basi seringkali tercium di dapur. Untuk menghilangkannya, potong bawang bombay menjadi empat bagian dan letakkan di beberapa sudut dapur. Bawang bombay akan menyerap bau tak sedap. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya