Tips Jitu Olah Menu Boga Bahari

Ilustrasi makanan laut atau seafood
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi penggemar seafood atau boga bahari, pasti sering atau setidaknya pernah memasak hidangan laut sendiri di rumah. Namun, kebanyakan orang biasanya memilih resep yang itu-itu saja, sehingga pengalaman menyantap sajian seafood berkualitas pun jadi monoton.

Tentu saja, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengkreasikan seafood agar Anda dan keluarga di rumah tidak bosan.

Salah satu cara yang mudah dan sederhana adalah dengan memarinasi daging seafood terlebih dahulu dan menyimpannya selama beberapa menit di dalam lemari es.

"Untuk beberapa hidangan, seperti seafood bakar lebih baik dimarinasi terlebih dahulu agar bumbu dan rasanya meresap," ujar Imelda Budiman, Marketing Manager The Manhattan Fish Market kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Untuk mengetahui cara lainnya, berikut ini adalah beberapa tips dari dapur restoran seafood yang telah memiliki 50 restoran di seluruh penjuru Asia dan Timur Tengah itu.

Gunakan rempah


Untuk menciptakan cita rasa yang lebih kuat, Anda harus berani dalam bermain bumbu saat memasak seafood. Selain bawang putih, ada banyak bumbu yang bisa digunakan untuk menghasilkan sajian seafood lezat. Anda bisa berkreasi dengan beragam rempah mulai dari peterseli, oregano, rosemary, dill dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menambahkan krim, wine, mustard, susu, butter, air perasan jeruk lemon dan bahkan cuka saat menumis seafood. Namun, pastikan untuk memasaknya selama beberapa menit di atas kompor agar seluruh cita rasa terkonsentrasi dan bumbu pun meresap dengan sempurna ke dalam seafood.

Mencoba berbagai metode masak

Jangan memasak seafood dengan cara itu-itu saja. Ada begitu banyak metode memasak yang bisa Anda coba untuk menciptakan sajian seafood baru yang lebih inovatif. Selain digoreng dan direbus, Anda bisa menggunakan gaya memasak seafood Amerika yakni dengan flame atau membakar bagian atas seafood menggunakan torch agar tercipta tekstur yang sedikit gosong dan daging bagian luar yang terkaramelisasi.

Anda juga bisa mencoba memanggang udang, ikan atau cumi dengan nasi, krim dan keju. Jika ingin cita rasa seafood tetap terjaga, jangan merebusnya melainkan mengukus seafood yang telah dibumbui. Sedangkan metode grill atau membakar seafood akan menciptakan aroma dan cita rasa smokey yang menggiurkan.

Variasi adonan

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Tak bisa dipungkiri bahwa menggoreng seafood seperti ikan, cumi atau udang yang telah dilapisi dengan adonan tepung adalah cara memasak yang paling lezat. Untuk itu, Anda wajib memerhatikan resep adonan yang akan digunakan.

Tak melulu harus terdiri dari tepung terigu dan telur kocok. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan susu dan buttermilk sebagai adonan marinasi. Setelah didiamkan selama beberapa lama baru Anda bisa melapisinya dengan tepung terigu atau tepung roti.

Ilustrasi rempah

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau menghadap ke arah jendela.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016