Enam Etika Bersantap di Restoran

Ilustrasi pasangan makan malam
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Etika publik mendasar dan perilaku baik saat bersantap wajib dimiliki semua orang. Ya, dari etika dan perilaku Anda di meja makan bisa menilai karakter seseorang.

The People's Cafe, Menu Lezat Harga Mahasiswa

Jika sering melakukan makan malam bersama rekan kerja atau atasan di kantor, Anda pasti tidak ingin dicap macam-macam. Oleh karena itu, ada baiknya  mengetahui beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat bersantap di luar rumah seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Bicara keras
Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef

Selalu pelankan suara Anda saat berbicara terutama ketika berada di area-area publik. Hindari berbicara dengan suara keras apalagi jika Anda bergosip atau memperbincangkan tentang keburukan orang lain.
China Miliki Restoran Resmi Pertama Hello Kitty

Bersuara saat mengunyah

Jangan mengunyah makanan sambil mengeluarkan suara apa pun. Kunyah makanan Anda dengan mulut tertutup. Anda bisa berbicara ketika tidak ada makanan di dalam mulut Anda. Ini adalah hal yang paling penting untuk Anda ketahui. Apalagi budaya ketimuran selalu menjunjung tinggi hal-hal kecil yang berhubungan dengan kesopanan.

Berfoto berulang kali

Anda cukup mengabadikan satu makanan pesanan Anda. Tak perlu memfoto seluruh hidangan yang Anda dan teman-teman Anda pesan. Ini akan membuat pengunjung restoran lainnya merasa terganggu apalagi ketika Anda menggunakan flash kamera. Selain itu, hindari terlalu sering ber-selfie ria karena hanya akan membuat Anda terlihat konyol di mata orang lain.

Sibuk sendiri

Hindari menggunakan ponsel pintar Anda terlalu sering saat Anda tengah bersantap di restoran bersama keluarga atau teman-teman Anda. Sah-sah saja mengangkat telepon penting. Namun, sebaiknya Anda menunda untuk membalas email, pesan atau mengedit foto lewat ponsel Anda. Tak hanya terlihat tidak sopan, Anda juga akan membuat orang lain jengah dengan perilaku Anda yang seolah-olah mengekspresikan ketidakpedulian.

Makan lebih dulu

Hal yang satu ini sering diindahkan oleh banyak orang. Usahakan untuk tidak menyantap makanan Anda lebih dulu sebelum pesanan teman makan Anda tiba di meja. 

Tidak hati-hati saat menggunakan alat makan

Selalu hati-hati menggunakan alat makan karena jika tidak, Anda hanya akan menimbulkan suara yang dapat mengganggu seluruh pengunjung restoran.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya