Intip Hidangan 'Terseksi' di Dunia

Raclette
Sumber :
  • Food Beast

VIVA.co.id - Siapa yang tak tergoda dengan kelezatan keju? Bicara tentang keju, Swedia punya beragam hidangan yang terbuat dari produk susu fermentasi ini. Mungkin yang paling terkenal di dunia ialah Fondue, hidangan yang terdiri dari keju leleh yang dibuat dari keju, wine dan bumbu. 

Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol

Masyarakat Swedia biasa mencelupkan berbagai makanan mulai dari roti, kentang dan sayuran rebus ke dalam saus keju ang dipanaskan dengan kompor atau pemanas mungil.

Namun, hidangan keju asal Swedia yang baru-baru ini menuai popularitas di Amerika Serikat ialah Raclette.
Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital

Hidangan ini sebenarnya telah lama dikenal di penjuru Eropa. Namun, setelah masuk ke AS, Raclette pun menjadi sangat digemari dan bahkan disebut sebagai hidangan paling 'seksi'. Demikian dilansir dari Food Beast.
Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta

Hal itu karena siapa pun yang melihat cara hidangan ini disajikan akan tergoda dan meneteskan air liur. 

Raclette sendiri sebenarnya merupakan jenis keju tradisional Swedia yang dicetak menjadi bentuk bulat yang tebal layaknya roda seberat enam kilogram. Nah, masyarakat lokal punya cara menikmati keju raclette yang istimewa yakni dengan memotong keju raksasa bundar tadi menjadi dua bagian yang sama rata lalu meletakkannya di sebuah mesin khusus dengan pemanas di bagian atas.

Pemanas tadi akan meningkatkan suhu dan membuat permukaan keju yang datar mulai meleleh. Untuk menyajikannya kepada pengunjung, keju akan diangkat dan diserok dengan alat khusus semacam spatula dari besi yang betuknya datar. Lelehan keju tebal pun mulai mengalir terjatuh ke atas piring berisi kentang dan sayuran rebus layaknya air terjun keju.

Di AS sendiri raclette tidak disajikan secara tradisinonal seperti di Swedia melainkan dengan menumpahkannya ke atas hot dog dan bahkan burger.

Penasaran rasanya? Kita tunggu saja hingga hidangan lezat ini hadir di Indonesia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya