Cara Menjadi Orangtua yang Baik

ilustrasi ibu dan anak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak
- Mendidik anak memang perlu beberapa cara agar tidak salah. Hal ini memang tidak mudah. Terkadang cara yang dianggap benar, belum tentu berhasil dipraktikkan pada anak.

Ajak Anak Jadi Mitra Kecil untuk Kurangi Stres Ibu
Bahkan, terkadang apa yang diajarkan pada anak bisa mengakibatkan kerapuhan emosional pada anak. Berikut cara menjadi orangtua yang baik, seperti dilansir laman Times of India.

Di Perut Bayi 15 Bulan Ini Ada Janin 3,6 Kg
Bicara jujur mengenai kehidupan

Beberapa situasi terkadang di luar kendali dan anak-anak perlu memahami. Mereka perlu pemahaman yang akurat bahwa hidup ini akan selalu terbagi dua. Seperti merayakan kebaikan, mereka juga harus menerima keburukan. Kita sering menafsirkan penderitaan sebagai kegagalan. Tapi penderitaan sebagai kegagalan bisa dihindari sepenuhnya.

Salahkan perbuatan, bukan anaknya

Kritik perilaku anak, bukan karakternya. Pekerjaan paling penting dari orangtua adalah membuat anak merasa layak, tidak peduli apa prestasinya atau kegagalannya. Sebagai orangtua, Anda harus menerima anak Anda apa adanya (bukan siapa dia akan menjadi).

Jadilah teladan yang baik

Demikian juga, Anda sebagai orangtua harus bisa menjadi seseorang yang mereka lihat atau contoh. Seorang orangtua yang menunjukkan kasih sayang lebih baik daripada kekerasan. Karena, anak-anak melihat orangtua mereka untuk menjalani kehidupan.  

Membentuk perilaku masa depan, daripada menghukum masa lalu

Hukuman ekstrem seperti memukul atau menghukum tidak boleh untuk melakukan apa pun yang dia senangi selama enam minggu, mengajarkan anak-anak Anda harus memperlakukan diri Anda dengan keras. 

Misalnya, ketika anak Anda menyakiti perasaan temannya, ia harus merasa tidak enak mengenai hal tersebut, ia juga harus bisa merasakan apa yang temannya rasakan, dan berpikir tentang cara-cara untuk menghindari perilaku seperti itu di kemudian hari.

Terakhir, orangtua dapat mendiskusikan tindakan yang dapat membantu anak merasa lebih baik dengan cepat (pelukan, jalan-jalan, bercanda) dan dalam jangka panjang (perencanaan ke depan, kesabaran belajar, meminta untuk berbagi setiap ada masalah).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya