Ketahui Etika Makan di Berbagai Negara

Ilustrasi makan menggunakan sumpit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ketika bepergian ke luar negeri, tak hanya aturan atau hukum tertulis yang harus diketahui. Anda juga wajib mengetahui aturan tak tertulis yang berlaku di negara tersebut, termasuk etika dalam hal menyantap makanan. Itu karena apa yang Anda anggap sopan di negara Anda belum tentu sama di negara lain.

Oleh karena itu, simak beberapa etika makan di berbagai negara seperti yang dilansir dari Daily Meal berikut ini.

1. Datang terlambat

Jika Anda diundang makan di rumah teman atau kerabat, Anda pasti berusaha datang tepat waktu. Namun, jangan terapkan hal ini di Meksiko, Yunani dan Kanada. Masyarakat negara-negara ini terbiasa datang terlambat. Bahkan tuan rumah yang mengundang pun biasanya telah berharap tamu undangan datang terlambat. Di Meksiko, lebih baik Anda tiba setidaknya 30 menit setelah waktu undangan. Jika tidak, bersiaplah untuk perbincangan basa-basi yang tidak nyaman.

2. Jangan bicara saat makan

Di Finlandia, Jepang, dan sejumlah negara di Afrika, bercerita dan mengobrol saat makan adalah perilaku tidak sopan.

3. Memberikan tip

Budaya memberi uang tip ada di berbagai negara, seperti ketika berkunjung ke sebuah pub di Inggris. Namun, jangan terlalu pelit karena Anda bisa dipelototi bartender. Namun, ada pula negara yang tidak memiliki budaya semacam ini. Di Jepang, memberi tip saat makan di restoran dianggap hal yang tidak sopan dan tidak menghargai juru masak.

4. Mengisi gelas

Saat mengonsumsi minuman di kafe, bar, atau restoran di Mesir atau Korea, Anda tidak boleh mengisi gelas sendiri. Teman minum Anda yang harus melakukannya. Begitu pula sebaliknya. Di Prancis, Anda harus menawari orang lain terlebih dahulu sebelum menuangkan minum ke dalam gelas.

Manfaat Luar Biasa Makan Bersama Keluarga di Rumah

Di beberapa negara Amerika latin, Anda juga tidak boleh memegang botol wine menggunakan tangan kiri menuangkan minum. Sementara di Korea, wanita tidak boleh menuangkan minuman untuk wanita lain. Intinya, berpikir lebih dulu sebelum menuangkan minuman di mana pun Anda berada.

5. Penggunaan sumpit

Di beberapa negara Asia, masyarakat lokalnya memang menggunakan sumpit untuk makan. Namun, banyak pula negara Asia yang tidak memiliki budaya makan dengan sumpit seperti di Filipina. Di Thailand, sumpit pun hanya digunakan untuk menyantap mi.

Aturan umum saat menggunakan alat makan ini juga perlu diperhatikan seperti tidak boleh menusukkan sumpit di dalam mangkuk nasi. Di Jepang, menyantap nigiri atau nasi kepal tidak dengan sumpit tapi dengan tangan.

6. Penggunaan alat makan

Tahu kah bahwa menyantap makanan apa pun di Chile harus menggunakan garpu dan pisau? Ya, bahkan ketika Anda makan kentang goreng. Sebaliknya, di Alabama Anda justru akan ditertawakan orang saat makan ayam goreng menggunakan alat makan.

7. Menunggu orang lain sebelum makan

Ini adalah etika umum yang ada di banyak negara. Anda harus menunggu makanan semua orang di meja datang sebelum mulai melahap makanan. Di Korea, Anda harus menunggu orang yang lebih tua makan lebih dahulu baru Anda boleh menyantap makanan. Meski begitu, di Vietnam Anda harus langsung makan setelah pesanan diantar ke meja Anda. Jika tidak makanan akan menjadi dingin dan hal itu dianggap tidak sopan.

Lima Makanan Enak Penyebab Berbagai Penyakit
Cabai.

Ketahui Kebenaran di Balik Mitos Seputar Makanan Pedas

Salah satunya, makanan pedas buat orang ketagihan.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2016