Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Makan

Ilustrasi puasa atau ramadan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Makan, sudah jadi kebiasaan sehari-hari dan bahkan bagi banyak orang, makan adalah terapi dan cara mengurangi stres.

Tapi, pernahkah Anda berpikir apa yang akan terjadi pada tubuh bila kita berhenti makan sama sekali?

Jika belum, jangan khawatir. Para ilmuwan yang tergabung dalam akun AsapSCIENCE di Youtube menjelaskan hal-hal yang terjadi pada tubuh saat kekurangan asupan makanan dan nutrisi, lewat video menarik.

Video berdurasi 3 menit dan 30 detik tersebut memberi penjelasan menarik, tahap demi tahap, saat tubuh kelaparan.

Bukan hal yang indah memang. Apalagi mengingat masih banyak saudara kita yang menderita kelaparan serta kekurangan makanan.

Adapun, tubuh akan melewati lima tahap berikut ini, sebelum kehabisan energi dan mati. Apa saja? Simak tahapannya:

Lapar

Delapan Makanan Sehat yang Dibutuhkan Wanita

Rasa lapar adalah tahap pertama yang kita rasakan saat tubuh kekurangan makanan. Ya, kita semua pasti sudah pernah berada di tahap ini. Lapar terjadi karena tubuh kekurangan gula.

Ketosis

Tahap kedua setelah lapar adalah tubuh masuk ke kondisi ketosis, dimana tubuh mulai mencari sumber lain untuk diolah menjadi energi dan gula. Sumber pertama adalah cadangan lemak. Meskipun punya sumber energi lain, dalam tahap ini, biasanya daya kerja tubuh mulai kacau. Otak tidak bisa berpikir dan kondisi mental manusia, secara umum akan menurun. Mudah marah adalah reaksi yang biasa terjadi.

Otot luruh

Jadi Istri Wakil Bupati, Novita: Saya Jadi Jarang Lulur

Jika cadangan lemak sudah habis, tubuh akan mencari cara lain untuk tetap mendapatkan energi. Sumber terakhir adalah protein yang banyak tersimpan di dalam otot serta daging. Dengan kata lain, tubuh mulai ‘memakan’ otot dan daging. Itulah sebabnya, mereka yang kekurangan makanan bagaikan tulang terbungkus kulit.

Sistem kekebalan tubuh menghilang

Tanpa makanan, tentu saja tubuh tidak punya energi untuk membangun sistem kekebalan. Tahap keempat ini umumnya terjadi dalam kurun waktu dua minggu setelah Anda berhenti makan.

Kematian

The LINQ, Apartemen Menengah Hijau di Tengah Kota

Hanya butuh waktu tiga minggu tanpa makanan bagi manusia untuk menemui ajal. Saat sistem pertahanan terakhir menghilang, tubuh sangat lemah dan rentan terserang beragam penyakit. (ren)


Langkah Tentukan Prioritas agar Tujuan Tercapai

Penting untuk membuat jadwal

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016