10 Fungsi Microwave yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi microwave
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Selama ini banyak orang yang mengira bahwa microwave hanya berfungsi untuk menghangatkan makanan. Tentu saja itu tidak benar.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Alat masak yang satu ini memiliki sederet kegunaan lain yang dapat memudahkan proses memasak Anda lebih dari sekedar menghangatkan makanan. 

Enam Fungsi Lain Microwave yang Jarang Diketahui
Nah, sebelum Anda membeli lebih banyak gadget baru yang mahal untuk kebutuhan dapur, pastikan Anda telah menggunakan microwave secara maksimal. Oleh karena itu, ketahui 10 kegunaan microwave seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

1. Kesegaran dan tekstur renyah sereal atau keripik bisa Anda dapatkan kembali dengan menggunakan microwave. Cukup memanaskannya selama 30 detik di dalam microwave.

2. Roti yang telah kering dan tidak segar bisa kembali lembut dan fresh dengan memanaskannya di dalam microwave. Caranya dengan membungkus roti menggunakan kain yang sedikit basah dan panaskan di dalam microwave selama 10-15 detik.

3. Anda dapat merebus kentang dengan cepat menggunakan microwave. Cukup letakkan kentang di dalam plastik yang dapat disegel. Namun, tambahan sedikit air ke dalam plastik. Masak di dalam microwave selama 5-6 menit.

4. Anda sering menangis saat memotong-motong bawang bombay? Anda bisa memanaskannya terlebih dahulu di dalam microwave selama 30 detik. Pastikan untuk membuang bagian atas dan bawah bawang bombai terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena ini tak akan mempengaruhi tekstur dan rasanya.

5. Anda juga dapat mengupas bawang putih dengan sangat mudah setelah memanaskannya terlebih dahulu di dalam microwave sama beberapa detik.

6. Anda bisa memanggang kacang-kacangan di dalam microwave dalam waktu yang jauh lebih singkat. Caranya dengan meletakkan kacang di atas piring lalu masak dengan kekuatan penuh sepama satu menit. Aduk kemudian masak kembali. Ulangi proses ini selama 4-5 menit atau hingga kacang telah matang secara merata.

7. Jika madu atau selai Anda telah menggumpal atau mengkristal, buka tutup stoplesnya kemudian panaskan selai di dalam microwave selama dua menit.

8. Anda juga dapat membuat rempah atau tumbuhan herbal kering dengan microwave. Caranya adalah dengan membungkusnya dengan tisu dapur dan panaskan selama 2-3 menit.

9. Sebelum memeras air jeruk lemon, panaskan lemon terlebih dahulu di dalam microwave selama 20 detik. Ini akan membuat air perasan yang keluar jauh lebih banyak.

10. Tak perlu menggunakan double boiler di dapur saat akan melelehkan cokelat. Anda dapat menggunakan microwave untuk melakukannya. Tak hanya cokelat, butter atau keju pun juga bisa dilelehkan menggunakan alat ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya