Makan Ini untuk Cegah Depresi

Ilustrasi salmon
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi
Banyak alasan mengapa Anda harus mengonsumsi daging ikan secara rutin. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu menyehatkan tubuh dan menghindari berbagai jenis penyakit.

Hilangkan Depresi dengan Lari

Namun, belum lama ini terungkap manfaat baru dari menyantap daging ikan setiap hari yakni mampu mencegah depresi. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.
Pemeran Enchantress di 'Suicide Squad' Pernah Depresi


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, depresi memengaruhi 350 juta orang di seluruh dunia.


Studi di Medical College Quingdao University di Tiongkok menemukan bahwa semakin tinggi konsumsi ikan secara rutin, semakin rendah pula risiko depresi seseorang.


Dilansir dari
Food World News
, wanita yang melakukan diet kaya konsumsi daging ikan memiliki penurunan tingkat depresi hingga 16 persen. Sementara tingkat depresi pria turun antara 5-20 persen.


Para peneliti percaya bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan di dalam ikan lah yang mampu mengubah struktur membran-membran otak, mengubah aktivitas saraf pembawa pesan yang dinamakan
neurotransmitter
dan memodifikasi aktivitas serotonin dan dopamin yang mungkin dapat berubah serta memainkan peran penting terkait dengan depresi.


Para peneliti juga percaya bahwa mencegah depresi sangat erat kaitannya dengan melakukan diet makanan sehat. Sejumlah vitamin dan mineral serta asupan protein dari ikan yang tinggi akan membuat hidup seseorang bebas dari depresi.


Masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam mengenai hubungan antara konsumsi ikan dan kesehatan mental.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya