Ini Cara Benar Membuat Kopi

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVA.co.id – Bagi Anda para penggemar kopi, jenis emas hitam tersebut dan cara pengolahannya adalah hal yang penting. Tapi, banyak yang masih belum tahu bagaimana cara mengolah kopi dengan baik.

Umumnya, orang membuat kopi dalam empat langkah mudah. Menjerang air hingga mendidih, menuangkan bubuk kopi dalam cangkir, tambahkan gula dan susu, lalu tuang air panas dan aduk. Atau singkatnya, kopi tubruk.

Padahal, untuk mendapatkan cita rasa kopi sebenarnya, ada cara yang berbeda untuk setiap jenis kopi. Cara-cara berbeda ini dirangkum firma kreatif Orange Motion Design yang kemudian dilansir Metro.co.uk.

Contohnya, bila Anda punya kopi asal Lampung atau kopi Sidikalang dari Medan yang bubuknya cenderung kasar. Sebaiknya, kopi tersebut tidak dijadikan kopi tubruk. Melainkan diolah menggunakan alat bernama french press, dimana bubuk kopi ditaruh di bagian bawah penekan, ditambahkan air panas, lalu tekan kopi hingga sarinya keluar.

Lain lagi dengan jenis bubuk kopi asal pulau Jawa yang cenderung halus. Jenis kopi ini sebaiknya diolah menggunakan teknik pour over alias menuangkan air panas dengan cara memutar di atas kertas saringan. Dengan demikian, ampas kopi tertinggal di kertas saring dan Anda bisa menikmati kopi yang lebih beraroma.

Sementara, untuk jenis kopi dengan bubuk berukuran medium seperti kopi Aceh atau Wamena, bisa diolah menggunakan aero press atau vaccum pot, yang akan semakin mengeluarkan wangi aromatik khas kopi.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Simak videonya di bawah ini:

Penghapal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Diskon 99 persen bagi yang berulang tahun ke-99.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016