Ini Ragam Makanan Berbahaya Penyebab Kanker

Ilustrasi sosis atau produk daging olahan
Sumber :
  • Ist/izoom
VIVA.co.id
Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Buncit
- Begitu banyak makanan yang membawa manfaat kesehatan luar biasa bagi manusia. Begitu pula dengan makanan yang membahayakan tubuh yang tak kalah banyak. Tak hanya menyebabkan gangguan kesehatan yang ringan, makanan-makanan berbahaya ini bahkan bisa menjadi penyebab kanker.

Studi: Makanan Fine Dining Tinggi Lemak dan Garam
Lalu, apa saja di antaranya?

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan
Dilansir dari Food World News, sebuah studi menunjukkan bahwa 3/4 makanan olahan di Amerika Serikat mengandung setidaknya satu bahan yang telah dimodifikasi secara genetik.

Kebanyakan peneliti yang telah melakukan studi mengenai makanan dengan bahan yang secara genetik telah dimodifikasi menyarankan agar orang-orang menghindari mengonsumsi makanan olahan, karena meningkatkan risiko terekspose pada jenis kanker tertentu.

Tak hanya makanan olahan, daging yang dimasak dengan cara dibakar dan dipanggang juga sama berbahayanya. Itu karena daging telah dimasak hingga suhu yang sangat tinggi, di mana mampu memproduksi bahan penyebab kanker dan memperluas bahaya kanker.

Menurut laman cancercenter, mengonsumsi gula halus juga memiliki bahaya tersendiri mulai dari risiko obesitas, kanker payudara, prostat, saluran urine, pankreas hingga usus.

Sementara itu, daging olahan seperti sosis umumnya mengandung kadar garam, zat pengawet dan zat kimia lain yang sangat tinggi. Hingga saat ini, daging asap menjadi jenis daging olahan yang paling buruk, karena secara reguler daging terkontaminasi dengan polycyclic aromatic hydrocarbons yang menyebabkan kanker. Mengonsumsinya memberikan bahaya yang sama dengan ketika Anda merokok.

Eksperimen pada tikus laboratorium juga telah dilakukan untuk membuktikan bahwa gula halus mampu menyebabkan kanker. Meski belum dikonfirmasi apakah efek pada tikus juga dapat terjadi pada manusia, tetap saja jenis gula ini sebaiknya dihindari atau digantikan dengan gula lain yang lebih sehat.

Sementara itu, minyak juga menjadi salah satu jenis makanan yang patut Anda hindari. Seperti minyak hydrogenated yang merupakan minyak sayur yang telah dipisahkan dari sumbernya menggunakan prosedur bahan tertentu. 

Minyak ini mengandung kadar lemak tak jenuh omega 6 yang sangat tinggi. Lemah tak jenuh trans dapat mengakibatkan bahaya penyakit koroner dan beberapa jenis kanker termasuk kanker kulit, penyakit pankreas, dan tumor rektal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya