Ajak Buah Hati Masak Bisa Bantu Kebiasaan Makan Sehat

Ilustrasi masak kue
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Si kecil susah makan atau gemar makanan berlemak dan tidak sehat? Mungkin sudah saatnya Anda membawa mereka ke dapur untuk ikut memasak. Ya, melibatkan anak-anak dalam menyiapkan makanan ternyata dapat membantu anak memiliki kebiasaan makan sehat.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Alberta di Kanada mengungkapkan, anak-anak yang biasa ikut memasak cenderung akan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Dalam studi tersebut juga ditemukan, bahwa mengajak anak-anak untuk ikut memasak dan menyiapkan makanan rumah adalah strategi efektif untuk mendukung kebiasaan mengonsumsi makanan sehat.

Selain baik untuk kesehatan, mengajak anak untuk memasak juga membantu mereka agar dapat merasakan suatu pencapaian tersendiri dan merasa telah membantu keluarganya.

Pakar kuliner Tanah Air, Bondan Winarno dalam hal ini mengungkapkan, bahwa memasak dengan anak-anak adalah hal yang sangat menyenangkan. Dengan aktivitas tersebut para ibu bisa melihat antusiasme anak untuk belajar bagaimana membuat suatu masakan dan juga memahami bahan-bahannya.

"Saya sangat mendukung para ibu untuk lebih sering mengajak anak-anaknya membantu di dapur sehingga mereka dapat mempelajari berbagai hal, seperti kerja sama, memikul tanggung jawab, menyelesaikan suatu tugas dan tentunya mempererat hubungan dengan ibu," ujar Bondan saat ditemui di acara Philips Mother's Day Cooking Class di Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Desember 2015.

Memasak bersama si kecil juga sangat baik bagi komunikasi dan hubungan antara ibu dan anak. Ketika memasak, otomatis waktu anak untuk menonton televisi, bermain gadget dan internet akan berkurang. Anak yang biasa membantu ibu memasak di rumah juga cenderung tidak terlalu menginginkan makanan junk food.

Erik van Houten, Head of Marketing Personal Health Philips Indonesia mengatakan, sudah pasti seorang ibu ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk keluarganya dimulai dari mencukupi kebutuhan nutrisi dasar keluarga.

"Kamu memahami tugas dan peran ibu yang mulia ini dan mendukung para ibu agar dapat merawat keluarganya melalui peralatan dapur yang inovatif," kata dia saat ditemui di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Bondan menambahkan agar kegiatan masak memasak bersama si kecil berjalan lancar, para ibu juga wajib menyediakan peralatan masak yang akan dan mudah untuk digunakan. "Sebaiknya gunakan resep yang mudah terlebih dahulu sehingga bisa dimengerti anak," ujarnya.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya