Deretan Manfaat Kesehatan di Secangkir Teh

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tak diragukan lagi bahwa secangkir kopi memiliki kemampuan luar biasa dalam meningkatkan kesadaran dan konsentrasi. Namun, tak ada yang bisa mengalahkan momen menyesap secangkir teh hangat yang menenangkan di pagi hari.

Hidup Sehat dengan Konsumsi Teh Putih

Ya, apapun tehnya, baik itu herbal atau tidak, dijamin akan memberikan rasa nyaman dan kepuasan. 

Selain varietas dan rasanya yang beragam, teh memiliki sederet manfaat kesehatan bagi tubuh. Tentu, ini bukanlah rahasia, apalagi bagi beberapa negara seperti China dan India yang telah menggunakan teh sebagai obat-obatan sejak tahun 2700 Sebelum Masehi.

Hati-hati, Sering Minum Teh Hijau Pengaruhi Kesuburanmu

Berikut ini adalah manfaat kesehatan mengonsumsi secangkir teh, seperti dilansir dari Daily Meal.

Meningkatkan suasana hati 

5 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari bagi Penderita Diabetes

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Tehran University of Medical Sciences, beberapa jenis teh, seperti saffron, bisa menjadi obat antidepresan yang efektif seperti fluoxetine dan imipramime.

Menyembuhkan sakit kepala

Teh hitam telah dikaitkan dengan penyembuhan sakit kepala dan meningkatkan kepedulian mentat secara umum. Apapun jenis teh hitam yang Anda minum dijamin akan memberikan Anda manfaat satu ini.

Mencegah kanker

Para peneliti telah mengungkapkan efek teh hijau pada kanker. Meski tidak dapat secara langsung mencegah kanker, namun teh hijau mengandung catechin, antioksidan yang melawan dan mencegah kerusakan sel yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan kanker.

Membantu Anda tertidur

Jika Anda sering susah tidur, coba nikmati secangkir teh chamomile hangat di malam hari. Teh jenis ini telah dikaitkan mampu mengurangi gas di lambung, melancarkan sistem pencernaan, menenangkan kram dan mengurangi rasa cemas. Itulah yang membuatnya ampuh membuat Anda tidur cepat dan nyenyak.

Menurunkan berat badan

Teh juga sangat ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Salah satu yang bisa Anda coba adalah teh oolong yang mengandung dua komponen yang bekerja sangat efektif dalam menurunkan berat badan, yaitu kafein dan theophylline. 

Keduanya mampu membantu membakar lemak dengan cepat. Teh oolong juga mengandung polifenol, nutrisi mikro yang memiliki kemampuan menghadang enzim-enzim yang membentuk lemak.

Meningkatkan memori

Salah satu manfaat teh hijau adalah meningkatkan kemampuan memori. Sebuah studi yang pernah dilakukan menemukan zat kimia yang biasa terkandung di teh hijau bernama epigallocatechin-gallate atau EGCG dapat membantu menyembuhkan sel-sel neural di otak dan memperbaiki memori.

Menurunkan tekanan darah

Menurut ahli nutrisi, Diane McKay di American Heart Association, teh hibiscus dikatakan memiliki efek positif pada aliran darah. Teh jenis ini mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Menurunkan kolesterol

Bersama dengan teh hijau dan hitam, teh putih juga mengandung beberapa kandungan anti kanker yang paling potensial dibandingkan yang terkandung di dalam teh lainnya. 

Catechin yang ditemukan di dalam teh putih mampu membantu mencegah penembalan pembuluh darah arteri sehingga mampu menurunkan kolesterol.

Mengurangi stres

Teh hitam dan hijau mengandung theanine, zat kimia alami yang memiliki efek menenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya