Tingkatkan Imun Tubuh dengan Tujuh Makanan Ini

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Flu, penyakit satu ini seringkali timbul akibat lemahnya sistem imun. Beberapa orang memilih mencegahnya dengan mengkonsumsi banyak vitamin dan menghindari orang yang sedang terkena flu.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Cara terbaik lainnya yang bisa dilakukan adalah, dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan sistem imun. Berikut makanan yang bisa tingkatkan sistem imun, seperti dikatakan oleh Andrea Moss, ahli nutrisi holistik dari Moss Wellness di New York, yang dilansir dari Daily Mail.

Ketahui Beragam Khasiat Bawang Putih untuk Kecantikan
Bawang putih

Menurut Moss, bawang putih terkenal sebagai pendorong sistem imun. Terdapat senyawa sulfur seperti allicin yang bisa meningkatkan sistem imun. 

Potong satu siung bawang putih hingga menjadi 4 atau 5 bagian, dan telan seperti menelan pil. Karena tidak dikunyah, bawang tidak akan menimbulkan aroma menyengat pada napas.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang membantu meningkatkan sistem imun dan membantu saluran usus lebih sehat. Hampir 70 hingga 80 persen sistem imun berasal dari usus. 

Untuk mendapat manfaat terbaik dari yogurt, cobalah menjadikan yogurt bagian dari menu sehari-hari.

Kaldu tulang

Sup ayam adalah obat flu dan tertua yang pernah ada dalam buku. Nama kerennya saat ini adalah kaldu tulang. Kaldu tulang kaya akan kandungan mineral, seperti magnesium, fosfor dan sulfur, juga asam amino yang memiliki efek anti peradangan pada seluruh tubuh. 

Moss menyarankan untuk konsumsi secangkir sup tulang setidaknya tiga kali seminggu untuk meningkatkan sistem imun.

Bayam

Kaya akan asam folat yang memperbaiki sel, potasium, magnesium, selain itu juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam bayam jauh lebih tinggi dari buah jeruk. Konsumsi bayam setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Brokoli

Sayuran dari keluarga cruciferous ini membantu detox secara alami pada tubuh sekaligus mencegah timbulnya penyakit. Sayuran ini mengandung asam amino kolin yang membantu menjaga sel berfungsi secara benar dan juga membantu saluran usus tetap sehat.

Jeruk Bali

Moss menyarankan untuk mengkonsumsi setengah jeruk Bali yang mengandung sedikit gula untuk meredakan flu. Ahli nutrisi ini menyarankan untuk mengkonsumsi jeruk Bali dengan warna merah atau merah muda, karena jeruk bali dengan warna ini mengandung antioksidan lycopene yang membantu dalam meningkatkan fungsi sistem imun.

Kayu manis

Cinnamon atau kayu manis membantu sirkulasi sekaligus mengeluarkan racun di dalam tubuh. Untuk meningkatkan sistem imun, Moss menyarankan untuk menambahkan kayu manis setiap hari baik dalam kopi ataupun oatmeal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya