Tips Sehat Menyantap Sushi di Restoran

Ilustrasi sushi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sushi memang telah dikenal sebagai salah satu hidangan sehat yang segar dan mengandung banyak manfaat. Namun, pada kenyataannya tren kuliner sushi saat ini terbilang jauh dari kata sehat.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Tengok saja menu-menu sushi fusion yang diberi tambahan mayonais, krim keju, bahkan digoreng dengan banyak minyak.

Jika Anda penggemar sushi dan ingin menghindari menyantap sushi yang kurang sehat, berikut ini adalah tips yang harus Anda ketahui, seperti dilansir dari Rocketnews24.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
- Anda bisa memulai santapan dengan mengonsumsi sup, salad atau kacang kedelai. Satu cangkir sup miso hanya mengandung 75 kalori. Sedangkan setengah cangkir salad rumput laut mengandung 20 kalori, ditambah kandungan vitamin A dan kalsium di dalamnya.
 
Syuting di Jepang, Morgan Oey Tak Bisa Berhenti Makan
Sementara itu, setengah cangkir kacang kedelai hijau rebus mengandung 63 kalori dan bebas kolesterol. Kacang kedelai juga merupakan sumber protein, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik. Mengonsumsi makanan pembuka yang sehat akan mencegah Anda menyantap hidangan utama dan karbohidrat berlebih.
 
- Hindari memesan menu sushi yang terlalu rumit dengan tambahan berbagai topping, seperti mayonais dan krim keju. Dua jenis toppping tadi akan memberikan asupan kalori dan lemak tambahan yang kurang menyehatkan. Untuk itu, pesan nigiri, atau sashimi yang jauh lebih sehat.
 
- Hindari memesan tempura, atau sushi roll dengan taburan adonan tempura goreng yang renyah. Kandungan minyak yang cukup tinggi akan membuat santap sushi menjadi kurang menyehatkan.
 
- Batasi konsumsi sushi Anda. Ketahui bahwa setiap porsi sushi dibuat mengunakan satu cangkir nasi putih, yang mengandung sekitar 200 kalori.
 
- Jika Anda ingin membuat sushi sendiri di rumah, ganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung lebih banyak serat, selenium dan magnesium.
 
- Jangan lupa untuk turut menyantap acar jahe merah karena kandungan zat di dalamnya mampu membantu melancarkan pencernaan. Acar jahe juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Begitu pula, dengan wasabi yang kaya akan antioksidan.
 
- Jangan terlalu banyak menggunakan kecap asin karena kandungan kalorinya yang tinggi. Anda bisa memilih kecap asin rendah sodium untuk pilihan yang lebih sehat. Selain itu, perhatikan untuk mencelup bagian ikan ke dalam kecap asin, bukan bagian nasinya, agar kecap tidak terserap terlalu banyak.
 
- Pilih daging ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna. Kedua ikan ini juga kaya akan protein dan vitamin D.
 
- Santap sushi dengan sumpit agar Anda makan perlahan dan menikmati setiap gigitan.
 
- Anda bisa mencoba mi soba yang terbuat dari gandum utuh untuk asupan serat yang lebih banyak.
 
- Cobalah minta kepada juru masak untuk memakai setengah porsi nasi. Anda bisa meminta untuk menggunakan mentimun sebagai penggantinya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya