Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia

Chef yang berpartisipasi dalam Good France
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id - Jika menyebut Prancis, yang teringat adalah kota romantis dengan Menara Eiffel yang menjulang tinggi. Selain itu, juga dikenal sebagai surga makanan di benua Eropa.

Namun, untuk mencicipi kuliner Prancis, Anda tidak perlu pergi ke sana lantaran di Indonesia, kuliner negara tersebut juga bisa dinikmati di sini, seiring bakal digelarnya kuliner makanan Prancis tidak lama lagi.

Kedutaan Besar Perancis Indonesia bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia-Prancis (IFCCI) menggelar Goût de France atau Good France di Jakarta pada 20-21 Maret 2016. Festival internasional yang menyajikan hidangan Prancis ini akan memanjakan penikmat kuliner dunia secara serentak di 1.500 restoran di lima benua.

"Ditandai dengan makan malam serentak di 1500 restauran di lima benua untuk menghidangkan resep khas Prancis dan nilai yang terkandung di dalamnya. Good France kedua di Indonesia akan diikuti 22 restoran di Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Surabaya, yang telah diakui oleh UNESCO. Bon appetit (selamat menikmati)!," kata Corinne Breuze, Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste di Jakarta Pusat, Selasa, 15 Maret 2016.

Sebanyak 22 restoran Indonesia yang berpartisipasi menyajikan menu khusus kuliner Prancis dengan teknik dan bahan lokal. Chef ternama seperti Cyril Calmet, Martin, Romano Ting, Zulkarnaen Dahlan, Eric Kayser, Nabil Jaghdour, Wahjudi Rahardja, Gilles Marx, Stephane Galibert, dan Camille Benedetto-Flosse akan memberikan menu andalan mereka untuk memanjakan lidah pemburu kuliner Tanah Air.

"Hidangan klasik Prancis seperi house made gravlax, Atlantic salmon, dan roasted angus beef striploin akan disajikan secara modern. Saya dari restoran Lyon akan menyajikan menu serentak dari tanggal 21 sampai 27 Maret 2016," kata Cyril.

Tak ketinggalan chef andalan Indonesia, Zulkarnaen Dahlan yang selama 16 tahun berkecimpung di dunia ini mengatakan akan mengangkat tema Voyage Cuisine Francais Infuse Avec des Materiaux Locaus untuk menyambut Good France.

Tak hanya itu, makan malam gala bersama chef Alain Passard yang akan diiringi peragaan busana digelar pada 20 Maret 2016 di Hotel Raffles Jakarta. Good France akan memiliki konsep variatif, bistro, kontemporer dan haute gastronomie.

Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar
Kolaborasi Chef di Best Flavor of The World

Mencicipi Es Krim Nasi Uduk di 'Best Flavor of The World'

Ini adalah hasil kolaborasi sejumlah chef berbakat

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016