Empat Kegunaan Henna yang Belum Diketahui Orang

Ilustrasi henna
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Lawsonia inermis adalah bahasa latin yang berarti henna, merupakan tumbuhan tertua yang digunakan manusia sebagai kosmetik. Tingginya bisa mencapai empat hingga enam kaki dan dapat ditemui di Pakistan, India, Afganistan, Mesir, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, Kenya, Iran dan Palestina.

Cara Hilangkan Tato Henna dalam Satu Hari

Henna selama ini sering digunakan untuk mewarnai rambut atau membuat tato temporer. Namun, kegunaan henna sebenarnya tak hanya itu. Ada banyak hal yang dapat disembuhkan dan ditangani dengan henna.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan henna lain yang belum banyak diketahui orang, seperti dilansir dari Times of India.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan
Mengobati kebotakan
 
Unit Baru dan Bekasnya Masih Menjadi Incaran, Ini Spesifikasi dan Harga Bekas Vario 160
Masalah kebotakan akan memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Untuk mengobatinya, Anda bisa memanfaatkan henna. Caranya adalah dengan merebus minyak mustard bersama beberapa daun henna. Setelah nutrisi henna tercampur ke dalam minyak, aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat secara perlahan.
 
Menyembuhkan biang keringat
 
Biang keringat menjadi salah satu masalah kulit yang umum, terutama di musim panas. Ini terjadi karena keringat dan suhu yang luar biasa panas. Untuk menyembuhkannya, rebus beberapa daun henna dan gunakan airnya untuk mencuci bagian kulit yang memiliki biang keringat. Pastikan air rebusan daun henna telah hangat sebelum digunakan.
 
Mengatasi sakit kepala
 
Tahukah Anda bahwa bunga henna juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala? Anda bisa merendam beberapa daun dan bunga henna di dalam cuka selama satu jam penuh. Aplikasikan pada dahi sambil dipijat secara lembut. Lama kelamaan sakit kepala pun akan reda dan Anda merasa lebih segar.
 
Menghilangkan ketombe
 
Lupakan sampo dan produk perawatan rambut. Anda bisa mencoba menggunakan henna untuk mengatasi masalah ketombe yang tak kunjung usai. Caranya, campur henna dengan biji fenugreek dan minyak mustard. Rebus dan saring ketiga bahan tadi. Aplikasikan pada kulit kepala secara rutin untuk menghilangkan ketombe.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya