Tips Bagi Orangtua Jika Anak Gemar Bermain Internet

Ilustrasi anak bermain ponsel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tidak semua orangtua berhasil menjauhkan anaknya dari dunia online. Mereka yang berhasil patut bersyukur, namun bagaimana dengan anaknya sudah telanjur kecanduan dunia online?

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
YouTube, dan situs video online yang semakin beragam dalam dunia online, pop up berbagai pesan dan iklan tak terduga, seolah menjadi teror tersendiri bagi orangtua dengan anak pencinta dunia online. Berikut ini tips untuk orangtua, seperti dilansir Female First, agar anak aman dari ancaman dunia online.
 
Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Pertama, pastikan untuk selalu menggunakan broadband pengontrol, seperti TalkTalk, Sky, yang menawarkan jasa pengontrol secara cuma-cuma, dimana orangtua bisa memilih laman apa saja yang bisa di akses secara online oleh anak mereka.
 
Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Search safely, fitur seperti ini ada pada Google, dengan nama SafeSearch, dimana orangtua bisa menyaring konten dewasa dari hasil pencarian di Google. Caranya pun mudah, cukup masuk ke search setting, dan cari safe search filter di bagian paling atas.
 
Sedangkan untuk YouTube, atur pada restricted mode. Dalam pengaturan keamanan, akan terdapat pilihan aktif atau non aktifkan restricted mode.
 
Jika anak menggunakan ponsel, pastikan kontrol orangtua telah diatur. Jangan biarkan anak mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usia mereka, cek kembali pada pengaturan aplikasi, dan pastikan mereka tidak membeli aplikasi apapun.
 
Kalau anak menggunakan game console, cek pengaturan kontrol orangtua. Begitupun dengan media sosial, orangtua wajib mencek pengaturan pribadi untuk memastikan mereka hanya berbagi dan berbicara dengan orang yang mereka kenal.
 
Pastikan anak bisa berbicara pada orangtua tanpa rasa takut. Karena ketika anak melihat sesuatu yang membuat mereka merasa tidak nyaman, atau membuat mereka marah, orangtua harus hadir dalam masalah tersebut sebagai orang yang memberikan solusi.
 
Dan ingatlah, bahwa orangtua yang memegang peranan penting sebagai contoh bagi anak-anak nantinya untuk bertindak. Jadi, pikirkan baik-baik bagaimana anak melihat orangtua menggunakan internet.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya