Punya Anak Aktif, Ini Aturan Makannya

Ilustrasi Makanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan banyak energi, mengingat tingginya tingkat aktivitas fisik mereka. Peran orang tua sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman anak agar kebutuhan gizinya bisa terpenuhi.

Makanan Ini Baik Diberikan untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

"Angka kecukupan gizi anak usia sekolah berbeda-beda sesuai dengan kelompok usianya. Misal, anak aktif di usia 7 hingga 9 tahun, memerlukan protein 49 gram, kalsium 1.000 miligram, dan zat besi sebanyak 10 miligram," kata Mury Kuswari, S.Pd, M.Si selaku Ketua Asosiasi Gizi Indonesia dalam keterangan tertulis, Minggu 24 April 2016.

Menurut dia, itu semua diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi selama satu hari penuh, yang tidak hanya tercukupi dengan mengonsumsi makanan, tapi juga minuman bernutrisi.

Pentingnya Awasi Aktivitas Jajan Anak

"Kami percaya di balik prestasi anak, terdapat peran dan dukungan besar orang tua. Karena itu, kami memberikan pemahaman kepada para ibu dan anak mengenai pentingnya gizi seimbang sebelum mulai beraktivitas," kata Prawitya Soemadijo selaku Business Executive Manager Beverages Nestle Indonesia.

Membahas tentang aktivitas anak, tentu berkaitan dengan bagaimana cara mengatur makan anak yang mulai masuk di usia aktif. Mereka di usia aktif biasanya lebih memilih melupakan makan  dan suka makanan cepat saji.

Trik Jitu Buat Si Kecil Menyukai Sayur dan Buah

Cara pengaturan makan anak sebelum latihan atau bertanding, antara lain makan 3 jam sebelum latihan atau bertanding, hindari konsumsi makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, makanan bersantan, makan makanan yang menghasilkan gas dalam lambung seperti kol, dan minuman soda.

Selain itu, makanlah makanan utama yang sudah biasa dikonsumsi. Contoh makanan yang baik dikonsumsi sebelum latihan adalah nasi putih, kentang, jagung, dan roti.

Saat bertanding, dia menyarankan, jangan lupa untuk minum secara teratur setiap 10 hingga 15 menit, sebanyak 150 hingga 200 mililiter air. Di samping itu, minum minuman yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, elektrolit, yang bermanfaat menghindari terjadinya dehidrasi. Anda juga bisa mengonsumsi jus buah encer.

"Usai bertanding atau berlatih, segera minum 1 hingga 2 gelas air dengan suhu 10 derajat selsius, atau minum jus buah dan sayur. Dan 3 hingga 4 jam usai berlatih, konsumsi makanan utama yang mengandung cukup protein," saran dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya