Makanan Ini Baik Diberikan untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Setelah lepas dari ASI eksklusif selama enam bulan, bayi yang berada di usia bawah satu tahun butuh makanan pendamping ASI untuk kelangsungan hidupnya.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan perkembangan otak di masa golden age itu, konsumsi makanan si kecil harus diperhatikan. Karena nutrisi yang baik, sangat dibutuhkan dalam tahun pertama kehidupan bayi.

Jika bayi diberikan jenis makanan yang tepat selama satu tahun usianya, dia akan mendapatkan gizi yang baik dan membentuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Jika Anda merasa bingung makanan apa yang sebaiknya diberikan pada bayi di bawah usia satu tahun, berikut ini daftarnya seperti dilansir laman Boldsky.

Bawang

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Menambahkan sedikit bawang yang dihancurkan atau jus bawang ke dalam makanan bayi Anda dapat mencegah infeksi terjadi. Karena, bawang mengandung antibakteri yang dapat melawan beberapa jenis infeksi.

Bayam

Bayam kaya akan kandungan zat besi yang penting bagi pertumbuhan sel darah merah yang sehat pada bayi yang dalam masa pertumbuhan.

Padi-padian yang dimasak matang

Padi-padian dapat dijadikan makanan bagi bayi dalam jumlah yang kecil karena padi-padian kaya serat dan dapat mencegah masalah pencernaan dan konstipasi.

Telur rebus atau orak-arik

Makanan ini bisa diberikan kepada bayi sebagai menu harian karena telur kaya protein dan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu telur juga dapat memperkuat saraf penglihatan.

Havermut gandum

Oatmeal atau havermut bisa menjadi menu sarapan yang sehat bagi bayi Anda. Karena havermut kaya karbohidrat yang dapat membuat bayi Anda lebih sehat dan berenergi.

Apel

Apel yang dihancurkan juga bisa dijadikan menu makan bayi Anda karena kandungan antioksidannya yang kaya menjaga kesehatan kulit dan kekebakan tubuh bayi.

Buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, mosambi, dan sebagainya, juga bisa menjadi pilihan makanan untuk bayi. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang dapat mencegah penyakit minor yang bisa menyerang bayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya