Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Mona Ratuliu
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

JAKARTA  – Aktris peran Mona Ratuliu hadir menjadi narasumber dalam acara Talkshow Parenting Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama. Talkshow itu merupakan bagian dari puncak acara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Mona Ratuliu hadir menjadi narasumber bersama  dengan Dosen Farmasi UIN Alauddin Makassar, Alwiyah Nur Syarif, yang juga merupakan Instruktur Nasional Moderasi Beragama. 

Talkshow itu berlangsung menarik, salah satu yang disampaikan Mona Ratuliu adalah bagaimana cara memahami dan berkomunikasi dengan anak di segala usia. Saat berbicara tentang komunikasi anak dengan orang tua, Mona merasa orang tua mesti memiliki kemampuan untuk melihat berbagai hal dalam berbagai sudut pandang. 

Biasanya Jadi Panutan, Nikita Willy Kali Ini Dikritik karena Biarkan Anak Makan Sambil Ngantuk

Mona menekankan pentingnya bagi orang tua untuk bisa bergaul dengan anak secara lahir dan batin. Kadang, orang tua bergaul dengan anak hanya secara lahir saja dan tidak dengan batinnya. Bergaul secara lahir dan batin dapat membuat orang tua lebih mengenal dan memahami anak.

Sambil Menangis, Natasha Rizky Puji Desta: Ayah yang Baik Banget Buat Anak-anak

"Gimana sih caranya bisa memahami dan berkomunikasi sama anak-anak dari berbagai usia. Satu sih tips dari aku kita sebagai orang tua mesti mau untuk bergaul lahir batin sama anak-anak. Karena kita sebagai orang tua kadang-kadang bergalunya, berkomunikasinya, berinteraksinya itu gak lahir batin, lebih banyak lahirnya," kata Mona Ratuliu dalam acara tersebut.

"Misalnya nih saya sebagai ibu rumah tangga, 24 jam di rumah, 'ah pasti lah kenal sama anak-anak saya', belum tentu bu ternyata. Karena bisa jadi kita cuma di sebelahnya si anak secara fisik aja. Anaknya ada di sebelah kita kalau kita gak bergaul secara batin juga, kita gak bisa saling mengenal nih sama anak-anak," tambahnya.

Ngobrol dan berinteraksi dari hati ke hati dengan anak dirasa sangat penting. Menyediakan waktu untuk bersama dengan anak menjadi cara untuk bisa lebih memahami buah hati. 

"Jangan sampai di rumah kita sebagai orang tua sama anak-anak kayak kita naik angkot, sebelahan mulu tapi gak ngobrol, tapi tidak saling berinteraksi. Kita selamanya gak kenal sama anak itu kalau kita tidak bersama dengan anak, tidak menjalin keterikatan hati sama anak-anak. Jadi penting banget sediain waktu sama anak-anak," kata Mona. 

Mona Ratuliu

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

"(Kalau sibuk) Setengah jam (dalam sehari) aja deh bergaul lahir batin sama anak-anak," tambahnya.

Saat melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan anak, ajak berkomunikasi, tatap matanya dan tanya terkait perasaan anak juga dirasa penting agar lebih bisa mengenal anak secara mendalam.

"Kita berkomunikasi dengan baik, tatap matanya dia, ngobrol sambil tanya-tanya harinya dia seperti apa, perasaannya dia gimana, ketawa bersama, ikut senang bareng sama anak-anak, nah itu proses mengenal anak-anak," kata Mona Ratuliu. 

"Dari bergaul lahir batin itu sama anak-anak kita jadi tahu gitu karakternya seperti apa, kondisi hatinya seperti apa," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya