Jaga Kesehatan Kulit Bayi Ternyata Penting untuk Tumbuh Kembang Moms, Begini Caranya

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

TANGERANG – Memerhatikan kesehatan anak tentu sangat penting. Namun, menjaga kesehatan kulitnya juga tidak kalah penting. Seperti diketahui, kulit bayi masih sangat sensitif sehingga perlu mendapat perhatian lebih. Apalagi jika buah hati Anda memiliki kelainan kulit. 

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Spesialis anak, Dr. dr. Tubagus Rachmat Sentika Hasan, Sp.A, MARS, menjelaskan, terkait kelainan kulit perlu 
dicermati lebih lanjut. Ada yang berkaitan dengan alergi, ada yang berkaitan dengan kontak berbagai barang, alat, obat oles serta jenis makanan yang harus dicermati oleh para orangtuaYuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

"Karena kesehatan kulit sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Di mana kulit bayi atau balita sangat rentan dengan iritasi dan alergi yang dapat menghambat tumbuh kembangnya," ujar dr Tubagus saat sesi edukasi bersama 200 bidan di Jabodetabek bertema Good Skin Day! yang digelar Merries Good Skin, di Tangerang, belum lama ini. 

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Tidak hanya itu, menurut dokter Tubagus, kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia sehingga sangat perlu dijaga. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi?

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang dapat orangtua lakukan. Selain menjaga kebersihan kulit, yaitu dengan memilih popok bayi yang tepat," ungkapnya.

"Popok bayi yang tepat tentunya dapat menghindarkan buah hati dari ruam, iritasi dan alergi yang seringkali muncul karena penggunaan popok bayi," sambungnya. 

Mengutip situs WebMD, ruam popok sendiri terjadi karena iritasi kulit akibat pemakaian popok yang terlalu ketat, popok basah dibiarkan terlalu lama, dan penggunaan deterjen atau tisu bayi tertentu. 

Ruam popok dapat dihindari dengan cara membiarkan area popok terbuka dan tetap terkena udara selama mungkin serta ganti segera popok bayi Anda jika sudah basah. Jika ruam terlanjur muncul, cuci dengan kain hangat dan oleskan krim yang mengandung seng oksida. 

Susilowati, Vice President Marketing Kao Indonesia, menambahkan, Merries Good Skin hadir untuk bayi-bayi Indonesia dan menjadi satu-satunya popok bayi yang telah teruji  klinis oleh Perdoski (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). 

"Dengan kandungan Witch Hazel-nya Merries Good Skin mampu mengurangi risiko alergi dan iritasi pada kulit bayi. Tidak hanya itu, lapisan lembutnya dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik dan mampu serap hingga 5x pipis membuatnya menjadi popok celana yang pas pada bayi," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya