Enam Camilan yang Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

Pisang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Studi menunjukkan bahwa memberikan camilan sebelum tidur bisa membantu anak tidur lebih nyenyak. Tidur berhubungan dengan melatonin, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di otak ketika suasana sekitar menjadi gelap. Hormon ini lantas memunculkan siklus tidur.

7 Keajaiban yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Anak saat Tidur

Ada beberapa makanan yang membantu produksi serotonin yang dibutuhkan untuk sekresi melatonin. Berikut daftarnya seperti dilansir Times of India.

Pisang

Anak yang Tidur Larut Rentan Obesitas di Masa Remaja

Pisang mengandung, potasium, magnesium, vitamin B6, karbohidrat kompleks alami yang dapat memproduksi serotonin. Selain itu, pisang juga sumber tryptophan yang baik karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, pisang bisa membuat cepat mengantuk. Dibuat smoothie atau dimakan sebagai kudapan, sama-sama baiknya.

Oatmeal

Pentingnya Awasi Aktivitas Jajan Anak

Selain menjaga jantung agar tetap sehat, oatmeal juga membantu tubuh memproduksi melatonin secara lebih alami, bahkan dengan memakannya langsung setelah bangun tidur. Di samping menjadi sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem saraf dan relaksasi, oatmeal juga mengandung asam amino, potasium, vitamin B, magnesium dan karbohidrat kompleks yang bisa membuat kantuk mudah datang dan bahkan dapat memperbaiki pola tidur juga.

Nanas

Tidak hanya memiliki manfaat meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, nanas juga mengandung manfaat lebih besar dalam meningkatkan melatonin dibanding oatmeal atau pisang.  Makanlah nanas segar atau yang dibekukan sebelum makan malam.

Susu

Susu mengandung dua komponen yang dapat membantu tidur dan relaksasi terasa lebih baik, yakni melatonin dan tryptophan. Susu kaya akan kalsium, yang dapat memicu otak memproduksi tryptophan sehingga membuat anak tertidur lebih cepat. Nikmati segelas susu saat makan malam atau campurkan dengan sereal.

Kenari

Selain sumber protein yang baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, kenari juga mengandung asam amino tryptophan. Berikan segenggam kenari kepada anak-anak sebelum waktu tidur mereka atau tambahkan pada salad buah atau dessert.

Ceri

Buah ceri sangat efektif dalam memancing rasa kantuk. Sebaiknya berikan pada anak dalam bentuk buahnya, bukan dijus. Dapat juga dibuat smoothie atau menambahkannya ke dalam es krim. Pilihan yang lebih simpel adalah membuatnya menjadi puree dengan tambahan pisang dan vanila untuk es krim yang lebih sehat dan alami.

Perlu dicatat, sebaiknya berikan kudapan satu jam sebelum anak-anak tidur. Namun, ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan dan cukup berikan camilan hanya ketika mereka merasa lapar di malam hari.

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya