Tips Membuat Kue Lebaran Anti Gagal

Ilustrasi kue Lebaran
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA.co.id – Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam hal memilih kue Lebaran favorit. Ada yang gemar kue bertekstur tipis dan kering, ada yang suka kue yang empuk dan mengembang, ada yang lebih memilih kue bertekstur legit dan ada yang gemar kue bertekstur renyah.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Nah, jika Anda beberapa kali mencoba membuat kue, namun Anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan resepnya, maka Anda harus mengetahui beberapa tips. Berikut ini sejumlah tips yang akan membantu Anda, seperti dilansir dari All Recipes.

- Untuk membuat kue Lebaran menjadi datar, Anda bisa menggunakan butter, tepung terigu serbaguna atau tepung gandum. Jangan lupa tambahkan kadar gula dan sedikit cairan ke dalam adonan, serta pastikan adonan berada dalam suhu ruangan sebelum dipanggang.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

- Agar kue Anda menjadi lebih mengembang dan ringan, jangan ragu untuk menggunakan shortening atau margarin dan kurangi penggunaan lemak. Tambahkan telur, kurangi gula, gunakan tepung kue atau pastry dan pastikan Anda menggunakan baking powder dan bukan baking soda. Terakhir, jangan lupa menyimpan adonan di dalam lemari es sebelum dipanggang.

- Sebagian orang menyukai kue Lebaran yang legit. Untuk mendapat hasil kue yang legit, Anda bisa melelehkan butter sebelum mencampurkannya dengan gula. Kemudian, pastikan Anda mengeluarkan biskuit dari oven beberapa menit sebelum mereka matang, saat bagian tengahnya masih lembut.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Tapi bagian pinggir kue harus sudah berubah warna menjadi cokelat keemasan. Gunakan gula merah, madu atau molase sebagai pemanis. Biarkan kue tetap di dalam loyang hingga dingin selama beberapa menit, sebelum disajikan.

- Nah, jika Anda gemar kue bertekstur renyah, gunakan butter dan gula putih. Jangan lupa menambahkan kuning telur sebagai ganti kombinasi telur utuh. Kue Lebaran juga harus dipanggang hingga benar-benar matang secara merata di dalam oven. Biarkan kue mendingin di atas loyang selama satu menit sebelum disajikan.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024