12 Trik Ini Bikin Memasak Jadi Lebih Mudah dan Bebas Repot

Ilustrasi bawang bombai dan sayur.
Sumber :
  • Pixabay/Webvilla

VIVA.co.id – Banyak orang yang malas memasak karena sibuk dan tak mau menunggu lama hingga makanan matang. Mereka memilih untuk bersantap di luar rumah atau memesan makanan. Namun, perlu diketahui bahwa banyak manfaat makan masakan rumahan, salah satunya Anda bisa mengontrol porsi dan mengurangi penggunaan bahan yang kurang sehat.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain itu, kini memasak pun bukan lagi hal yang merepotkan. Ada banyak trik yang bisa Anda lakukan untuk memangkas waktu memasak. Ada pula trik lain agar memasak pun menjadi pekerjaan yang jauh lebih mudah. Trik-trik tadi bisa Anda temukan di media sosial Instagram karena orang-orang dari seluruh penjuru dunia selalu berbagi memiliki ide unik tentang trik memasak praktis dan bebas repot.

Berikut ini diantaranya, seperti dilansir dari Buzzfeed Food.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

-Meletakkan paper towel atau tisu dapur di dalam wadah bersisi sayuran mampu menyerap kelembapan dan sayur pun tetap renyah dalam jangka waktu yang lama.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

-Jika Anda ingin memanggang tortilla untuk membuat taco, letakan di dalam cetakan cupcake yang dibalik agar tortilla bisa mendapatkan bentuk setengah lingkaran yang sempurna.

-Tusukkan stik atau batang plastik pada yoghurt dalam kemasan. Kemudian simpan di freezer hingga beku. Yoghurt beku pun siap jadi camilan sehat Anda saat cuaca panas.

-Jika sedang ada potongan harga untuk sayur di supermarket, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak. Agar tahan lama dan tetap lezat, cuci bersih sayuran dan potong-potong, kemudian simpan di freezer.

-Cita rasa es kopi bisa menjadi begitu encer setelah es batu di dalam gelas meleleh. Untuk menyiasatinya, tuangkan kopi favorit ke dalam cetakan es batu dan simpan di freezer hingga beku. Masukkan ke dalam gelas dan es kopi yang lebih lezat pun siap dinikmati.

-Gelas bisa membantu Anda mengupas kulit mangga dalam waktu yang lebih cepat. Tempelkan potongan mangga yang masih menempel dengan kulitnya lalu gunakan gelas untuk mengelupaskan kulitnya dengan mudah.

-Meletakkan sedikit beras di dalam cetakan cupcake akan menyerap minyak yang tertinggal di permukaan cetakan.

-Gunakan botol plastik kosong untuk memisahkan kuning dan putih telur dengan mudah. Caranya adalah dengan memecahkan telur di dalam mangkuk dan 'hisap' kuning telur dengan botol tadi dan pindahkan ke wadah lain.

-Jangan buang botol saus tomat atau saus lain yang sudah kosong. Cuci hingga bersih dan gunakan sebagai tempat adonan pancake atau panekuk. Dengan begitu, Anda bisa menuangkan adonan ke dalam wajan dengan lebih mudah dan tidak berantakan.

-Untuk melembutkan mentega yang beku, letakkan gelas hangat di atasnya dan mentega pun akan menjadi lembut dalam waktu satu atau dua menit.

-Jika membeli es krim di dalam wadah besar, seringkali es krim menjadi keras saat akan disantap jika sudah cukup lama disimpan di dalam freezer. Nah, agar teksturnya tetap lembut dan tidak keras, masukkan ke dalam ziplock bag atau kantung plastik dengan segel sebelum disimpan di freezer.

-Asparagus bisa tetap segar lebih lama jika dipotong bagian bawahnya, dan letakkan asparagus di dalam stoples berisi air, dan simpan di dalam lemari es.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya