Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Kopi

Kopi.
Sumber :
  • rocketnews24

VIVA.co.id - Apakah Anda seorang penikmat kopi? Tidak bisa hidup tanpa kopi? Kebanyakan orang memang bergantung pada kopi untuk membuat mereka lebih bertenaga saat memulai hari atau mengerjakan sebuah pekerjaan.

Kopi sudah menjadi minuman yang populer sepanjang masa. Kandungan kafein dalam kopi bersifat adiktif sehingga menyebabkan kecanduan. Namun, hal ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Kafein menstimulasi sistem saraf pusat yang ada di tubuh manusia sehingga otak menjadi lebih aktif sehingga manusia merasa lebih bertenaga.

Sudah banyak yang mengetahui bahwa meminum banyak kopi akan memicu efek samping, seperti tingkat keasaman tubuh jadi meningkat, bau mulut, kurang istirahat, kecemasan, sakit kepala, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Mengutip laman Boldsky, ketika Anda sudah mengalami kecanduan kopi dan memutuskan untuk berhenti, mungkin Anda akan mengalami beberapa hal berikut.

Penurunan berat badan

Wajib Tahu, Tujuh Aturan Menikmati Kopi

Jika Anda adalah orang yang suka mengonsumsi kopi dengan kadar gula atau krim yang tinggi, maka ketika Anda berhenti, menurunkan berat badan menjadi sebuah hal yang mudah.

Sakit kepala

Ketika Anda berhenti mengonsumsi kopi, badan Anda mulai mengharapkan asupan kopi yang biasa ia terima. Saat itu pula, dopamin yang dilepaskan otak menjadi lebih sedikit sehingga memicu timbulnya sakit kepala.

Gigi menjadi lebih putih

Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Setelah Bangun Tidur

Kopi dapat mencemari gigi Anda dan membuatnya berubah warna. Jadi, berhenti meminum kopi akan membuat gigi Anda menjadi terlihat lebih sehat dan lebih putih.

Kurang konsentrasi

Hal lain yang mungkin terjadi saat berhenti mengonsumsi kopi adalah kurangnya konsentrasi yang dapat menghambat aktivitas Anda. Hal ini dipicu oleh ketergantungan kafein yang tidak terpenuhi.

Konstipasi

Mengenal Cupping, Prosedur Mencicipi Kopi Secara Profesional

Banyak orang yang biasanya buang air besar setelah menyeruput secangkir kopi, sehingga pada saat berhenti mengonsumsi kopi, buang air besar menjadi sedikit terhambat.

Tenang

Ketika tubuh sudah terbiasa hidup tanpa asupan kafein kopi, Anda akan merasa lebih tenang dan kegelisahan akan semakin berkurang.

Kurang antioksidan

Kopi adalah salah satu minuman yang kaya akan antioksidan. Olah karena itu, tubuh juga akan kehilangan antioksidan jika Anda berhenti mengonsumsi kopi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengganti kopi dengan secangkir teh yang juga kaya akan antioksidan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya