Lima Pilihan Menu Sarapan yang Buruk Bagi Tubuh

Ilustrasi smoothie.
Sumber :
  • Pixabay/xxolgaxx

VIVA.co.id - Kita semua tahu, bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting bagi tubuh. Mengonsumsi sarapan yang sehat setiap pagi bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit seperti kanker dan diabetes. Tapi tahukan Anda, bahwa ternyata ada beberapa makanan yang selama ini tidak tepat dijadikan menu sarapan.

Manfaat Sarapan Brownies Cokelat di Pagi Hari

Bukannya sehat, Anda justru berisiko mengidap banyak kondisi kesehatan yang buruk dengan mengonsumsi menu-menu sarapan yang salah. Berikut ini adalah sejumlah sarapan yang kurang sehat dan wajib dihindari, seperti dilansir Times of India.

Sereal penuh gula

Beberapa sereal memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Ketika Anda memakannya, gula darah Anda akan naik dengan cepat dan kemudian turun. Hal ini tidak baik, karena berpengaruh terhadap energi Anda di awal hari dan karena itu lebih baik untuk menghindari sereal tersebut.

Empat Ide Menu Sarapan Lezat dan Menyehatkan

Pilih sereal dengan serat dan protein yang lebih tinggi. Tambahkan biji rami atau walnut untuk menambah asupan serat dan protein.

Pancake kemasan dan donat

Pancake atau panekuk kemasan, donat berlapis gula atau madu hanya akan memuaskan selera manis di lidah Anda. Buat sendiri dan pilih roti gandum utuh dengan mentega untuk menu sarapan.

Granola kemasan

Membuat Sarapan Unik dengan Karakter Kartun

Kebanyakan granola kemasan yang dijual di toko mengandung beragam bahan seperti madu, gula, gandum dan buah kering yang sebenarnya mengandung banyak lemak dan kalori. Banyak granola yang juga mengandung gula tersembunyi, kecuali Anda membaca label dan memilih granola dengan bahan organik atau alami.

Sandwich dalam kemasan

Mungkin banyak yang mengira bahwa sandwich adalah salah satu menu sarapan yang seimbang, dengan telur, daging, keju, dan roti panggang. Tapi ketika Anda benar-benar melihat satu persatu bahan sandwich yang Anda makan, Anda akan mendapati telur goreng berminyak, daging penuh lemak dan keju yang mengandung banyak lemak. Sebaiknya Anda membuat sandwich sendiri di rumah dengan menggunakan telur rebus dan keju rendah lemak.

Smoothie kemasan

Smoothie adalah minuman penuh gula jika Anda tidak membuatnya sendiri di rumah. Kebanyakan smoothie yang dibeli di toko-toko mengandung susu penuh lemak atau krim, sehingga ini lebih mirip hidangan pencuci mulut. Untuk itu, buatlah versi sehatnya di rumah dengan menggunakan yoghurt, almond atau susu skim dan buah-buahan segar dan kacang-kacangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya