Kuasai Tips dan Trik Membuat Waffle Lezat

Waffle.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Waffle telah menjadi salah satu menu sarapan terpopuler di dunia selain roti dan panekuk. Hidangan yang diyakini berasal dari Belgia ini harus dibuat menggunakan alat khusus.

Kafe Outdoor Unik? Volks Waffle Streatery Jawabannya

Waffle juga bisa disajikan dengan apa saja, mulai dari buah-buahan, sirup manis, cokelat, es krim, hingga telur, daging asap, keju dan bahkan ayam goreng.

Namun, untuk menghasilkan waffle yang lezat dengan tesktur dan warna coklat keemasan yang sempurna, ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya, seperti dilansir dari Times of India.

Tren Waffle Bertabur Topping Unik dan Disajikan Dalam Porsi Besar

Kocok putih telur dengan benar

Peraturan pertama yang wajib ditaati adalah Anda harus mengocok putih telur hingga kaku dan tambahkan ke dalam adonan. Udara yang terperangkap di dalam putih telur yang telah dikocok akan membuat tekstur waffle menjadi ringan dan tidak padat.

5 Tips dan Trik Buat Wafel Tanpa Gagal

Jangan sampai adonan lengket

Seberapa banyak minyak atau mentega yang Anda gunakan saat membuat adonan menentukan apakah waffle akan menempel saat dimasak di dalam alat pembuat waggle. Jika adonan lengket, tambahkan penggunaan minyak atau mentega.

Sabar

Peraturan membuat waffle yang sering dilanggar adalah membuka tutup alat pembuat waffle. Padahal Anda perlu sabar saat membuat hidangan satu ini. Tunggu alat pembuat waffle panas sebelum menuangkan adonan ke dalamnya. Jika hasil waffle keras dan alot, alat pembuat waffle Anda belum cukup panas.

Beri perasa

Untuk menambahkan cita rasa pada waffle Anda, gunakan ekstrak vanili atau almond. Anda juga bisa menambahkan satu sendiri bubuk kayu manis. Tambahkan saat Anda membuat adonan waffle.

Gunakan susu dan buttermilk

Beberapa resep waffle akan meminta Anda menggunakan susu atau buttermilk. Triknya adalah menggunakan keduanya.

Perlu diketahui bahwa waffle yang dibuat menggunakan buttermilk memiliki kelembapan yang sempurna dan kaya rasa. Sedangkan waffle yang terbuat dari susu cenderung memiliki tekstur yang lebih renyah. Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan kedua bahan tadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya