Tips Membuat Camilan Sehat Nan Lezat di Rumah

Ilustrasi camilan sehat
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Belakangan, snack bar seringkali disebut sebagai alternatif untuk mereka yang tengah menjalani diet. Snack bar merupakan ragam pilihan makanan sehat yang lengkap dan aman dikonsumsi di sela-sela makan besar.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Snack bar sendiri tak hanya menyehatkan, tetapi juga dikatakan mampu membuat perut cepat kenyang. Namun, baru-baru ini sebuah laporan dari The New York Times justru mengatakan sebaliknya. Snack bar disebut justru mengandung banyak kalori.

Itulah sebabnya, Anda sebaiknya benar- benar perhatikan bahan-bahan pembuatnya seperti yang tertulis dalam kemasan. Pastikan snack bar mengandung biji-bijian dan bahan-bahan menyehatkan lainnya, dan tidak mengandung banyak kalori. Selain itu, akan lebih baik, jika membuat snack bar sendiri di rumah.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuatnya sendiri, seperti dilansir dari Times of India.

Tambahkan biji-bijian lebih banyak

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Biji labu, chia, rami, semangka, bunga matahari adalah deretan bahan penuh manfaat yang tepat digunakan untuk membuat snack bar yang sehat,. Tak hanya mengandung kadar lemak baik yang tinggi, biji-bijian juga merupakan sumber serat, protein, mineral seperti zinc dan vitamin seperti Vitamin E yang sangat luar biasa. Biji-bijian juga menambahkan tekstur dan rasa di setiap gigitan.

Kurangi kacang

Pastikan bahwa kandungan snack bar punya rasio yang besar untuk biji-bijian daripada kacang. Kacang-kacangan seperti almond, mede, kenari dan macadamia, meski sehat, namun sangat padat akan kalori. Apalagi kacang mede yang mengandung lemak tinggi. Memasukkannya sedikit dalam snak bar adalah cara yang tepat.

Buat puff

Untuk tekstur dan manfaat tambahan, Anda juga bisa mencoba membuat puff yang sehat, seperti dari quinoa, beras, gandum dan makanan lain yang sejenis.

Bahan perekat

Secara komersial, camilan dibuat menggunakan gula atau sirup untuk mengikat seluruh bahan-bahannya, tetapi lebih baik untuk tidak menggunakan gula karena akan menghilangkan manfaat baiknya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan perasa alami untuk melekatkannya.

Bumbu

Cobalah sedikit kreatif dan berinovasi dengan bumbu seperti garam laut atau bahkan taburan bubuk paprika jika Anda benar-benar menyukai rasa pedas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya