Ketahui Lima Tanda Pisau Dapur Harus Diasah

Ilustrasi pisau dapur
Sumber :
  • Pixabay/SteveRaubenstine

VIVA.co.id – Memotong dengan pisau tumpul tidak hanya membuat pekerjaan di dapur menjadi lebih sulit, tetapi juga berbahaya. Sayangnya, tidak banyak yang tahu seberapa sering pisau harus diasah. Tapi ada beberapa tanda yang bisa menjadi acuan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Nah, jika Anda ragu kapan sebaiknya mengasah pisau, tak ada salahnya melihat lima tanda Anda harus mempertajam pisau dapur, seperti dilansir dari thekitchn berikut ini.

Pisau terasa tumpul

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Cara paling mudah adalah dengan menyentuh mata pisau. Tapi yang perlu Anda ingat, Anda harus melakukannya dengan hati-hati jika tak ingin tangan terluka. Disamping itu ada cara lain untuk mengenalinya. Jika pisau tampak kusam itu sudah saatnya Anda kembali mengasah pisau tersebut.

Tidak cukup tajam untuk memotong kertas

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Selembar kertas adalah cara yang mudah dan cepat untuk mengetahui apakah pisau Anda perlu diasah. Pegang kertas dengan tegak dan pegang pisau dengan tangan lain, potong dari atas ke bawah. Pisau yang tajam akan dengan mudah mengiris kertas secara sempurna menjadi dua bagian. Tanda Anda harus mengasah pisau Anda adalah jika pisau meluncur dari tepi atau sobekan kertas dengan tidak merata.

Menghancurkan tomat

Seberapa baik potongan tomat yang Anda hasilkan dengan pisau Anda? Pisau yang tajam mampu mengiris tomat dengan sempurna, tanpa menciptakan potongan berbentuk bergelombang ke bawah. Jika pisau Anda meleset saat memotong tomat, mungkin sudah saatnya untuk mengasah pisau Anda.

Mengupas bawang

Cara lainnya bisa Anda coba saat mengupas bawang. Pisau yang tajam akan bergerak lurus melalui kulit dan lapisan dengan mudah. Namun, jika pisau Anda meleset, itu tanda pisau butuh diasah

Tidak bisa memotong bulu halus di tangan

Cara yang satu ini mungkin sedikit tidak biasa, tapi ini adalah cara favorit beberapa juru  masak dan instruktur di sekolah kuliner. Gerakkan pisau tepat di atas lengan Anda, pastikan pisau tersebut bisa memangkas bulu-bulu halus di tangan. Pisau yang tajam akan memotong bulu halus di lengan Anda, tetapi jika tidak dapat terpotong, itu saatnya untuk mengasahnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya